Kriteria Pola Hidup Sehat

PELITAKARAWANG.COM-,Tubuh adalah bagian penting dari dirimu, karena itu wajib dijaga sepertik menjaga pola hidup yang sehat, tampak tubuh yang sehat dan kokoh, sulit bagimu seperti menjaga hidup yang sehat. Sama halnya dengan kesehatan tulang, sendi, dan otot. Ketika semua aspek tersebut memberi dukungan dan menjaga kesehatan sehingga dapat menjalani aktivitas yang baik. (1/10/2018).

Seperti ada beberapa kriteria yang dijadikan acuan untuk mempunyai badan yang sehat seperti menjaga pola hidup yang sehat.

Husni Malik Mubarok
1.Nilai gizi atau kandungan dari makanan yang kita kosumsi harus memenuhi semua yang dibutuhkan oleh tubuh,pola makan yang benar dan hendaknya memenuhi konsep 4 sehat 5 sempurna yang sudah tidak asing lagi bagi kita,dimana konsep ini menekankan pentingnya 4 golongan makanan berupa sumber kalori untuk tenaga, protein untuk membangun, sayuran dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral.

Perlu juga diketahui bahwa jumlah kebutuhan gizi dari masing-masing orang berbeda tingkat kebutuhannya, orang yang berusia tua dengan orang yang masih muda tentu memiliki nilai kebutuhan gizi yang berbeda,begitu juga jenis kelamin ikut mempengaruhi nilai gizi yang dibutuhkan.Untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan tubuh anda terhadap kandungan gizi dan vitamin tentusaja anda harus berkonsultasi terhadap ahli gizi bukan dengan mencari informasi dari web atau blog yang tersedia di internet,karena informasi yang tersedia di internet hanyalah sebagai pembeli informasi secara garis besar sekalipun situs web yang anda kunjungi dikelola oleh pakar atau ahli gizi terkecuali situs web tersebut menyediakan fasilitas tanya jawab sehingga admin dari web tersebut betul–betul paham dengan kondisi dan riwayat penyakit yang pernah anda derita.

2. Istirahat yang cukup dan berkualitas.

Istirahat yang paling baik adalah tidur dan tidur yang baik bagi tubuh adalah pada malam hari.Berapa para peneliti ahli ilmiah mengatakan yang berbeda, ada yang mengatakan 7 jam adajuga yang mengatakan 8 jam/hari bahkan ada penelitian ilmiah yang menyebutkan tidur cukup 6 jam/hari.

3. Olahraga.

Lakukanlah olahraga secara rutin yang sesuai dengan kondisi tubuh, usia, dan riwayat penyakit yang pernah anda derita. Beda usia tentu beda pula jenis olahraga yang sesuai untuk dijalani, namun ada beberapa olahraga yang cocok untuk segala usia dan terlebih bagi anda yang menderit agangguan jantung diantaranya jalan santai atau lari lari kecil, dan bersepedah. untuk orang yang mengalami gangguan jantung sangat cocok menjalani olahraga tersebut yang sifatnya tidak melakukan gerakan gerakan sepontan.

4. Lingkungan yang sehat.

Lingkungan yang sehat tentunya kebersihan adalah syarat dan selain kebersihan, lingkungan yang sehat memiliki kriteria sirkulasi udara yang baik dan bersih, hawa sejuk dan tidak terlalu berisik seperti di tempat pedesaan.

Karya : Husni Malik Mubarok 
Program studi: Kesehatan Masyarakat
STIKES Jenderal Achmad Yani -Cimahi
Posting Komentar