Indonesia Gandeng Swiss Kejar Uang Hasil Korupsi

PELITAKARAWANG.COM- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut Indonesia menjajaki kerja sama dengan Swiss untuk mengejar uang yang dilarikan koruptor ke luar negeri. Kerja sama ini menjadi bukti komitmen pemerintah memberantas korupsi.

'Pemerintah tidak memberi toleransi kepada koruptor yang melarikan uang korupsi ke luar negeri. Presiden Jokowi akan menandatangani kerja sama dengan pemerintah Swiss untuk menangani uang korupsi dan pencucian uang,' kata Moeldoko di Mandarin Oriental Hotel, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis, 20 Desember 2018.

Moeldoko mengatakan kerja sama dijalin karena rekam jejak koruptor Indonesia yang biasanya melarikan uang haram ke sejumlah bank di Swiss. Mantan Panglima TNI itu menegaskan pemerintah tak menutup kemungkinan bekerja sama dengan negara lain.

Moeldoko tak menjelaskan rinci apakah pemerintah telah memiliki sejumlah nama yang diduga melarikan uang ke Swiss. Kerja sama dibuat karena melarikan uang ke sejumlah bank di Swiss sudah menjadi rahasia umum bagi publik.

Ia menegaskan kerja sama itu segera diteken. Namun, tak menyebut jadwal pasti penandatanganan.

'Tanggalnya belum, tapi keinginan ke sana sudah berproses sehingga nanti tinggal menunggu waktu,' ucap dia.

Tidak ada komentar