Jabar Luncurkan Desa Digital

PELITAKARAWANG.COM – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan desa digital di Losarang Kabupaten Indramayu dengan tujuan sebagai kesiapan daerah menghadapi revolusi industri 4.0.

Ridwan Kamil menjelaskan, desa digital merupakan skenario masyarakat di pedesaan mulai memanfaatkan koneksi internet Wi-Fi dengan efisien untuk kebutuhan aktivitas perekonomian.

"Tak hanya urusan (kebutuhan) Wi-Fi, tapi mengubah cara berdagang, mengubah cara berkomunikasi, memetakan potensi, mempromosikan wisata desanya melalui sebuah digital ekosistem," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Minggu, 9 Desember 2018.

Rencananya, pria yang akrab disapa Emil itu akan me-launchingprogram tersebut pekan depan, dengan penekanan menjadikan masyarakat desa menjadi produktif meski melek internet. Sektor perekonomian yang menjadi sorotan dalam program tersebut yaitu pertanian dan perikanan.

Para petani, lanjut Emil, mendapatkan pelatihan berdagang menggunakan aplikasi online. "Petani akan dilatih supaya melek terhadap digital commerce. Berdagang murah dengan aplikasi mudah," katanya.

Sedangkan untuk sektor perikanan, pemerintah provinsi bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak dalam perikanan eFishery dan Telkomsel untuk penyedia kebutuhan akses internet.

Serta, kerja sama dengan PT Suri Tani Pemuka untuk kebutuhan pakan perikanan bagi peternak, untuk mengembangkan budidaya perikanan dengan menghadirkan Kampung Perikanan Digital di Desa Losarang, Kabupaten Indramayu.

Tidak ada komentar