Pol Air Karawang Waspadai Radikalisme Lewat Pesisir

PELITAKARAWANG.COM - Aparat Kepolisian dari Pol Air Polres Karawang, gelar kegiatan tatap muka bersama masyarakat pesisir Karawang di Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon . Kegiatan tersebut dalam rangka Penertiban dan penegakan hukum bagi organisasi radikal dan anti pancasila lewat jalur pesisir Karawang. 

Kasatpol Air AKP Sitorus melalui Ipda Ade Priyadi mengatakan , kegiatan ini dalam rangka Penertiban dan penegakan hukum bagi organisasi radikal di wilayah pesisir. Pesertanya terdiri dari para nelayan, tokoh masyarakat pesisir di Sukajaya dan Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon. 

Radikal sendiri adalah suatu perbuatan kasar yang bertentangan dengan norma dan nilai sosial, penggunaan kata radikal ditahun 1966 kerap mengacu pada kelompok komunis, dimana mereka jadi acuan akar pikirannya tentu bertentangan dengan norma sosial dan nilai, saat ini sebut Ade,  kebanyakan radikalisme selalu dikaitkan dengan oknum berkedok agama seperti teroris dan isis hingga aksi pemboman yang bertentangan dengan nilai luhur agama, Pancasila dan UUD Indonesia yang berbhineka. Karenanya, masyarakat pesisir diberikan pemahaman soal ini, karena bukan tidak mungkin, perilaku dan perbuatan radikal itu muncul atau datang di wilayah jalur pesisir. " Masyarakat nelayan, tokoh pesisir dan muspika ikut jadi bagian dalam kegiatan sosialisasi bersama ini," Katanya.

Brigadir pol Eko mengatakan, selain kegiatan sosialisasi kepada warga pesisir ini,  acara yang di pusatkan di lapangan baru Futsal Desa Sukajaya ini juga di barengi dengan Penyerahan lifebuoy yaitu alat keselamatan dilaut, distribusi Sembako dan pembacaan teks Pancasila. "Ya kita selain sosialisasi, juga ada kegiatan baksos sembako dan penyerahan alat keselamatan di laut," Katanya.

Kasie Trantibum Kecamatan Cilamaya Kulon, Sandi Hudaya mengatakan, kegiatan sosialisasi ini patut diapresiasi, karena masyarakat pesisir diberikan pemahaman kaitan penegakan hukum dan penertiban organisasi radikal, serta di bina cara menangkal paham radikalisme. Sehingga, semua nelayan dan warga pesisir, mampu mengantisipasi hal ini dengan baik. " Ya kita apresiasi kegiatan ini, karena bermanfaat buat masyarakat  pesisir untuk antisipasi faham radikalisme dan cara penanganannya," Pungkasnya.

Tidak ada komentar