Dana Kelurahan Sudah Lampu Kuning

PELITAKARAWANG.COM - Rencana Pemerintah Pusat menggulirkan Dana Kelurahan selain dana desa, sudah lampu kuning. 

Pasalnya, dana yang di ambil dari Dana Alokasi Umum ( DAU) tambahan tersebut, sudah terbit regulasi teknisnya yang dituangkan dalam Permendagri Nomor 130 tahun 2018 dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 187/PMK.07/2018.

Kata Lurah Plawad Kecamatan Karawang Timur, Adi Firmansyah, regulasi soal juklak juknis dana kelurahan sudah terbit. Anggaran tersebut berasal dari DAU Tambahan yang dibanderol setiap kelurahan berdasarkan kriteria, mulai dari Rp352,9 juta, Rp370 juta dan tertinggi Rp384 juta. 

Kebetulan, untuk Plawad dalam teknisnya akan di guyur Rp352,9 juta dengan pencairan dua tahap. Hanya saja, sebut Adi, jelang pencairan dan sudah jadi bahasan dalam Musrenbang Kelurahan, pihaknya belum tahu teknis dari Pemkab sendiri, apakah akan di formal kan dengan Peraturan Bupati (Perbup) lazimnya dalam Dana Desa (DD) atau bagaimana. " Iya, sinyal Lou kuning untuk dana kelurahan ini sudah ada regulasinya, cuma kita belum tahu nanti ada perbup gak," Tanyanya.

Adi menambahkan, dana kelurahan ini kabarnya akan terparkir di Pemkab dan masuk ke perbendaharaan keuangan di Kecamatan, sehingga pihak Kelurahan membuat Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) yang nantinya dialokasikan di dua item, yaitu infrastruktur dan Pemberdayaan masyarakat. 

Namun, tentunya, untuk sampai ke upaya itu, pihak kelurahan dengan melibatkan semua pihak harus dilakukan musyawarah untuk menentukan, mana yang prioritas dan mana yang jadi alternatif sebagaimana diatur dalam Permendagri tersebut di pasal 7. Sehingga, usulan dan ajuannya bisa ditampung terlebih dahulu. " Administrasi bisa sambil jalan terus, jangan sampai salah. Yang terpenting ini dibahas di Musrenbang dulu," Katanya.

Adi menambahkan, pihaknya berharap dana kelurahan yang kabarnya cair April ini, benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh warga kelurahan. Sambil menunggu arahan dan regulasi di Pemkab, segala ajuan dan prioritas akan terus ditampung, karena di Plawad sendiri diakuinya infrastruktur masih banyak di butuhkan. " Fisik di kita masih banyak, semoga Dana kelurahan kalau benar ada, ya bisa meringankan fisik yang selama ini jadi beban masyarakat kami," Ujarnya

Diberdayakan oleh Blogger.