Katanya Ini Jadi Solusi Perkara Sampah di Kambud Karawang

PELITAKARAWANG.COM-.Beberapa hari terakhir ini pengelolaan Aset Pemda Karawang bernama Kampung Budaya (Kambud) menjadi pembicaraan masyarakat Karawang terutama masalah sampah yang menumpuk dan tidak dikelola dengan baik.

Ketua DPD KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Karawang, Lukman N Iraz berpandangan bahwa Kambud sebagai aset Pemda Karawang harus dipelihara secara serius karena pengadaan dan pembangunan Kambud menelan anggaran yang besar. "Kambud sebagai aset Pemda harus dirawat dengn sebaik-baiknya, terlepas dari kontroversi penegakan hukum pengadaan lahan Kambud yang saat ini masih berjalan," ucap Lukman Iras, Selasa, (27/02/2019).

Melihat persoalan saat ini terlihat Pemda kurang optimal dalam pengelolaan Kambud, salah satu dampaknya adalah sampah yang selalu menumpuk disana terkesan tidak diurus. Lanjut Lukman, jika Pemda Karawang sudah tidak sanggup mengelola karena faktor keterbatasan anggaran berikan saja kesempatan pengelolaan pada pihak ke 3 dalam hal ini warga sekitar Kambud. "Serahkan saja pengelolaan Kambud pada warga sekitar dalam hal ini warga Desa Wadas, Telukjambe Timur, tentunya dengan asas profesionalisme," jelasnya.

Bupati dan Ketua DPD KNPI Karawang

"Bukan tidak mungkin jika dipercayakan pada warga sekitar, pengelolaan Kambud bisa menghasilkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) untuk Karawang," ucapnya. 

Lanjutnya jika pengelolaan Kambud dipercayakan pada warga sekitar Kambud maka pengelolaan ini akan dibarengi rasa memiliki yang tinggi sehingga bisa saling menjaga. "Ibaratnya orang punya rumah, pasti sekecil apapun akan dirawat dan dijaga, beda kalau hanya ngontrak rumah tentunya akab sayang untuk merawatnya," tandasnya.

Kabar ini diturunkan Kadis LHK belum bisa dikonpirmasi.

Tidak ada komentar