Rabu, Mei 08, 2019

PDI P Yakin Rebut Kursi Ketua DPR RI

 

PELITAKARAWANG.COM-.PDI Perjuangan memastikan diri sebagai pemenang di Pemilu 2019 ini. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya mendapat 20,51 persen di Pemilu 2019.

"Kami ingin menegaskan bahwa perolehan berdasarkan quick count dan Situng KPU, PDIP mendapatkan 20,51 persen, kemudian Golkar 12,63 persen, Gerindra 11,91 persen, PKB 9,97 persen, NasDem 9,01 persen," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (8/5).

Oleh karena itu, kata Hasto, berdasarkan UU MD3, PDIP berhak menentukan siapa ketua DPR RI. Kemudian untuk wakil ketua DPR diberikan kepada juara pemilu lainnya.

"Pimpinan DPR bersasarkan UU MD3 itu ada PDIP, Golkar, Gerindra, PKB dan NasDem. Ini menunjukkan bagaimana konfigurasi politik nasional itu diwakili oleh perwakilan suara," kata Hasto.
Saat disinggung apakah PDIP akan mencetak sejarah menunjuk perempuan sebagai Ketua DPR, Hasto tidak membantahnya. Menurut Hasto, semua warga negara punya hak yang sama dalam politik.

"Kami tidak pernah membuat perbedaan dari gendernya, dari status sosialnya. Tetapi sejarah selalu dibuat, karena itu tugas kami bersama," tegas Hasto.

Saat disinggung kandidat kuat ketua DPR, Hasto merahasiakannya. Hasto merasa tidak cocok untuk mengumumkan kandidat kuat pemimpin rakyat di parlemen nanti.

"Tentu PDIP akan mencalonkan yang terbaik, yang punya pengalaman panjang tidak hanya di partai tapi juga di legislatif dan pengalaman lainnya. Mengingat posisi ketua DPR itu sangat strategis dan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pemahaman terhadap legislasi yang sangat baik dan bisa menjadi mitra sangat baik bagi kepemimpinan Pak Jokowi ke depan," tandas dia. (tan/jpnn).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top