Selasa, Agustus 06, 2019

Akibat Pemadaman Listrik, Dua Rumah di Karawang Terbakar

 


PELITAKARAWANG.COM - Pemadaman listrik, terutama saat malam hari rentan menyebabkan kebakaran. Di Karawang dua rumah dilalap si jago merah. Pemicunya lilin yang tersenggol. Seperti yang menimpa rumah Umi (79) di Desa Margamulya, Kecamatan Telukjambe Barat.

Kebakaran yang terjadi pada Minggu malam (4/8/2019) itu bertepatan saat pemadaman di sebagian wilayah Karawang. Rumah semi permanen Umi kebagian jatah saat pemadaman yang berlangsung hampir 12 jam tersebut. "Rumah habis semua, sisa bagian belakang saja. Semua perabot dan pakaian juga habis," kata Umi saat ditemui Selasa (6/8/2019).

Malam itu, Umi memasang lilin sebagai sumber cahaya. Sayangnya lilin itu diduga tersenggol hingga jatuh. Api kemudian membakar karpet dan merember ke kasur. 

"Saya kabur diamankan ke rumah tetangga," kata Umi. 



Entah di mana Umi akan tidur setelah kebakaran tersebut. Saat ini, ia dievakuasi sementara di rumah tetangganya. Untuk kebutuhan sehari-hari, Umi mengandalkan dipasok bantuan dari warga dan Indriyani, seorang anggota DPRD Karawang.
Ket: video kebakaran rumah pak ambih

"Beliau konstituen saya. Jadi wajib kita bantu. Kami juga sudah koordinasi dengan BPBD Karawang, untuk didata," kata Indriyani, seorang anggota DPRD Karawang usai menengok rumah Umi Selasa (6/8/2019). 

Kebakaran saat pemadaman listrik juga menimpa rumah milik Ambih di RT37 RW16 Kampung Babakan Tengah, Desa Karyasari, Kecamatan Rengasdengklok pada Senin (5/8/2019). Sebuah rumah hangus terbakar dipicu api dari lilin minyak. 

"Akibat mati listrik, yang punya rumah menggunakan lilin sebagai penerangan. Lilin tersenggol dan api menyebar," kata Erlangga, Ketua Komunitas Relawan Independen Base Camp Karawang saat dihubungi, Selasa (6/8/2019). 

Warga dan petugas pemadam berjibaku memadamkan api. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. 

Rohmat, kepala UPTD Damkar Karawang menuturkan ada dua rumah yang terbakar saat pemadaman bergilir di Karawang dalam dua hari ini. "Semua insiden terjadi saat malam hari. Penyebabnya lilin yang tersenggol," kata Rohmat saat ditemui di kantor Damkar Karawang, Selasa (6/8/2019). 

Rohmat mengimbau masyarakat untuk hati-hati saat menggunakan lilin. Sebab lilin rentan menyebabkan kebakaran, Apalagi saat lilin ditinggal tidur. "Makanya kita imbau tidak menggunakan lilin karena rentan tersenggol kucing atau tikus. Apalagi kalau ditinggal tidur," kata Rohmat, Selasa (6/8/2019).

Rohmat menuturkan untuk menghindari kebakaran saat pemadaman terjadi, hendaknya masyarakat menggunakan lampu darurat yang bisa dicharger. "Jadi sebelum pemadaman terjadi, warga bisa mencharge lampu terlebih dahulu. Itu lebih aman daripada lilin," kata Rohmat.





sumber : detikcom

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top