PELITAKARAWANG.COM - Di Kabupaten Subang, Jawa Barat
Berbeda dengan daerah lainnya, peringatan Kemerdekaan ke 74 di Kampung Karajan Desa Jatiragas Hilir Patokbeusi Subang diselenggarakan tidak hanya dengan semangat nasionalisme tapi dikuatkan dengan spirit keagamaan.

Bayu Zaenawi Anggota BPD Desa Jatiragas Hilir menerangkan, peringatan kali menjadi yang pertama dan bersejarah lantaran pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan hanya diperingati dengan lomba-lomba pada umumnya. 

" Kita tidak memisahkan pentingnya moril  dan nilai keagamaan dari momentum kemerdekaan,  karena sejatinya kemerdekaan diraih juga berkat dorongan spirit agama," jelasnya.

Tuntu dengan tidak menghilangkan tradisi lomba-lomba dan karnaval dalam rangka memeriahkan kemerdekaan. Ada lomba balap karung, lomba tarik tambang, lomba joget, lomba kelereng, lomba tangkap bebek dan lainnya.

Sementara di malam hari acara berlangsung khidmat dengan kegiatan Istigosah yang juga diisi tausiyah oleh Ustad Abdul Azid. 

Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan bahwa dalam memaknai hari kemerdekaan tahun ini ada hal penting yang diwasiatkan nabi besar Muhammad dalam setiap doanya. 

"Jika kondisi kita merasa belum merdeka secara mutlak. Barangkali ada sifat-sifat jelek yang menyertai kehidupan kita sehari-hari diantaranya sifat malas, pelit, tidak bersyukur dan kurang silaturahmi," paparnya.

Dalam membangun kemajuan negara dan mengisi kemerdekaan diharapkan setiap dari bagian masyarakat baiknya tidak lupa bahwa kemerdekaan diraih dengan perjuangan semua pihak. 

"Maka setelah peringatan ini diharap dapat membuat kita menjadi kompak dan mengisi kemerdekaan dengan syariat Islam yang moderat dan bermasyarakat dengan semangat gotong-royong saling membantu," paparnya.(red).