Selasa, September 10, 2019

Stop Limbah Barugbug - Cilamaya, Satgas Citarum Tutup Out Fall Perusahaan di Purwakarta

 

PELITAKARAWANG.COM- Sebagai salah satu penyebab pencemaran Kali Cilamaya yang alirannya dari Bendungan Barugbug, Jatisari, adalah akibat buangan limbah perusahaan di Purwakarta. Satgas Citarum sektor 19, paksa tutup out fall di dua perusahaan asal Cibatu Kabupaten Purwakarta (7/9). Penutupan sendiri dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 19 berdasarkan dari temuan saat dilakukan pengecekan baku mutu oleh Dansektor 19, Kolonel Inf Agoes Hari Soewanto yang ternyata hasilnya diatas ambang yang diperbolehkan.


Agus mengaku, paska penutupan kedua perusahaan tersebut terus melakukan perbaikan terhadap baku mutu air limbahnya sampai menunjukan progres yang bagus. Pihak perusahaan pun melaporkan serta menunjukan kepada Dansektor 19 atas progres dari perbaikan baku mutu tersebut, yang kemudian ditindak lanjutinya dengan kembali mengecek air limbahnya. Setelah dilakukan pengecekan ternyata hasilnya menunjukan ada progres perbaikan dan baku mutunya pun mendekati yang diperbolehkan. Selain itu ada salah satu perusahaan yang pada saat itu saya tutup out fallnya, di cek ulang hair limbahnya dan hasilnya menunjukan perubahan yang bagus, "Jadi penutupan out fallnya bisa dibuka, namun tetap kami pantau, " jelasnya. 

Lebih lanjut Dansektor menjelaskan, walaupun sudah menunjukan hasil yang bagus, namun dalam waktu minggu kedepan perusahaan tersebut akan dipantau terus, apalagi kalau kedapatan berubah jelek lagi, maka tindakannya akan  ditutup lagi. Satgas Citarum sebutnya,  akan bertindak tegas dalam penanganan pencemaran sungai. "Siapapun itu, perusahaan manapun, akan kami tindak, ini semua dilakukan demi masa depan anak cucu kita. "tegas Dansektor. (Rdi)


Berikut 5 Perusahaan yang di Duga membuang limbah ; 

1). PT Elite Paper Indonesia
Lokasi Desa Cipinang, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta.
Hasil uji sampel ;
- TSS 2276 ppm
- TDS 360 mg/L
- Ph 8,17

2). PT Assa Paper Utama
Lokasi Desa Ciparung Sari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta.
Hasil uji sampel ;
- TSS 248 ppm
- TDS 220 mg/L
- Ph 8,33

3). PT Puri Nusa Eka Persada
Lokasi Desa Ciparung Sari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta.
Hasil uji sampel ;
- TSS 1019 ppm
- TDS 730 mg/L
- Ph 7,89

4). PT San Fu Indonesia
Lokasi Desa Ciparung Sari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta.
Hasil uji sampel ;
- TSS 239 ppm
- TDS 738 mg/L
- Ph 7,89

5). PT Papertech Indonesia
Lokasi Desa Cipeundeuy, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang.
Hasil uji sampel ;
- TSS normal
- TDS normal
- Ph normal

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

KABAR KRIMINAL

Banner

BERITA TERBARU

Untuk Menghubungi Admin.

Back to Top