Jumat, November 08, 2019

Mentan Usulkan Perluasan Tanam Padi Genjah M70D di Karawang

 

PELITAKARAWANG.COM- Mentri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo mengaku tertarik untuk perluasan tanam padi varietas super Genjah M70D. Jenis varietas yang bisa di panen dalam waktu 2 bulan sepuluh hari itu, sudah di buktikan mulus pertanamannya di Desa Curug Kecamatan Klari. Di dampingi Kepala Staff Kepresidenan (KSP) Moeldoko, dan Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari, Mentan panen raya varietas 70 hari itu perdana di Karawang.


"Selain cepat masa tan dari biasanya, hasil ubinanannya saja perhektar mencapai 8 - 9,2 ton GKG, " Kata SYS kepada Wartawan, Kamis (7/11).

KSP Jenderal Muldoko yang juga Ketua HKTI menjelaskan, jenis tanaman yang varietas padi super genjah M 70 D umur genjah kurang lebih umur 70 hari produksinya cukup tinggi dan rasa nasinya enak, harapanya, benih padi ini dapat menyebar di tingkat petani. "Kita berharap benih padi ini bisa menyebar di tingkat petani, karena biasanya kita tanam sampai panen antara 90 - 100 hari, tapi varietas ini hanya 70 hari, " Katanya. 

Kepala Distanhutbunak Karawang, Ir Hanafi Chaniago mengatakan, varietas padi super Genjah M70D ini sukses pertanamannya sampai 70 hari di lahan seluas 20 hektar di Desa Curug. Varietas ini, hasil produksinya memang dianggap bagus oleh Kementrian, dan kemungkinannya cocok jika memang hendak di perluas di sawah Karawang. Saat disinggung rencana bantuan benih dan luas lahan yang akan ditanam di Karawang, Hanafi belum memberikan balasannya sampai berita ini di tulis. "Kemungkinan cocok jika perluas, karena hasilnya jug bagus, " Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top