Jumlah pasien positif Covid-19 atau virus Corona kembali bertambah sebanyak 568 orang per Kamis 14 Mei 2020. Sehingga, totalnya menjadi 16.006 orang.



"Yang konfirmasi positif 568 orang sehingga totalnya 16.006 orang ," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto saat jumpa pers live streaming di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (14/5/2020).


Sementara pasien yang sembuh dari Covid-19 juga bertambah sebanyak 231 orang. Total pasien sembuh menjadi 3.518 orang.


Untuk pasien meninggal dunia totalnya 1.043 orang setelah mengalami penambahan sebanyak 15 orang. Diperlukan sebuah kesadaran masyarakat untuk terus memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sebagaimana imbauan pemerintah.


Upaya yang bisa dilakukan yakni, dengan rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker, dan tidak bepergian ke luar rumah. Termasuk untuk tidak mudik, karena orang tanpa gejala bisa membahayakan keluarga dan kerabat di kampung halaman.


Sejumlah daerah juga telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai langkah memutus rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu masyarakat harus mematuhi aturan PSBB guna memaksimalkan efektifitas dari kebijakan tersebut.


"Pembatasan Sosial Berskala Besar harus dijadikan komitmen bersama pada semua lapisan masyarakat agar kita bisa dengan cepat mengendalikan ini," tutur Yurianto***red