Dalam upaya ikut menekan penyebaran wabah Covid-19, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa menggelar rapid test bagi warga di Komplek Pondok Pesantren Mandalla Khair, Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.(18/5/2020).


Rapid test gratis yang digelar Saan Mustopa ini dilaksanakan secara kontinu, guna mengetahui seberapa besar kemungkinan masyarakat telah terinfeksi virus Corona. Saan mengatakan, bagi yang reaktif positif rapid tesnya, maka disarankan untuk mengisolasikan diri selama 14 hari.

"Kita sendiri yang harus menjaga kesehatan, Alhamdulillah hasil rapid test semuanya negatif Covid-19," ucap Saanm Minggu (17/5/2020). 

Usai menjalani rapid test, tiap warga menerima bingkisan sembako, termasuk perangkat sholat. Ia berpesan agar masyarakat tetap menjaga diri dari virus Corona dengan cara saling menjaga jarak dan memakai masker bila berada di luar rumah.

Dikatakannya, Rapid test tersebut dilaksanakan oleh empat tenaga medis dari RS Bayukarta Karawang, tiap warga diambil sampel darahnya untuk mengetahui Immunoglobulin G (IgG) dan Immunoglobulin M (IgM). Rapid test dilakukan sebagai langkah pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona.

Wakil Direktur Umum RS Bayukarta, Yudha Dwi Putra, pada rapid test tersebut, Saan menjelaskan bahwa rapid test ini untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

"Bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, maka tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona," terangnya.**dep/es