KARAWANG,PELITA-.

Kita semua telah mengetahui bahwa bahasa merupakan suatu hal yang sangat penting sebagai alat komunikasi bahkan,Bahasa merupakan alat pemersatu bangsa.Sudah sewajarnyalah kita sebagai umat manusia perlu mempelajari bahasa.Demikian juga kita sebagai manusia warga negara Indonesia,sudah seharusnya mempelajari bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa,dari Sabang hingga Merauke dan, perlunya mengetahui bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi di tanah Air.
Disamping bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi,di Negara kita terdapat berpuluh-puluh bahkan ratusan bahasa daerah.Penting bagi kita sebagai guru,mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menyampaikan pembelajaran khususnya bahasa Indonesia.
Dalam bahasa Indonesia ada 4 aspek yang perlu dibelajarkan yakni: (1) Pemahaman, (2) Menyimak, (3) Membaca dan (4) Menulis.

KEMAMPUAN SISWA
Sebagaimana diuraikan diatas tadi,Bahwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia tidaklah semudah apa yang dibayangkan.Dalam penyampaian pembelajaran bahasa kepada siswa perlu memperhatikan beberapa aspek. Diantaranya adalah aspek usia anak.faktor usia anak sangatlah menentukan pada perkembangan bahasa,pada pembelajaran di Sekolah Dasar misalnya, kita mengenal dengan istilah membaca permulaan dan membaca lanjutan.Pada kelas-kelas awal yakni kelas satu,kita masih menggunakan teknik pendekatan membaca permulaan. Yakni dengan pengenalan bunyi dan lambang bunyi satu persatu.Pada kelas lanjutan, kita sudah bisa menyatukan lambang bunyi dengan bunyi bahasa, dan selanjutnya siswa dapat membaca,dari bunyi bahasa tersebut menjadi rangkaian kalimat.

KEGIATAN YANG DILAKUKAN GURU

Ada pertanyaan yang harus dijawab dan dipecahkan oleh guru, yaitu:”Apa yang harus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran Bahasa kepada anak?”.Untuk menjawab pertanyaan diatas, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan oleh guru dalam melakukan kegiatan pada Proses Belajar Mengajar yakni: (1). Guru harus mengetahui latar belakang bahasa Ibu yang dikuasai oleh anak. (2). Guru harus mengetahui usia anak.(3) Dalam penyampaian materi, guru harus memilih metoda yang tepat. (4) Anak tidak dijejali materi yang asal banyak. (5).Guru selalu memantau perkembangan anak. Dalam pemantauan perkembangan anak perlu diadakan evaluasi dan analisis.
Dari uraian diatas tentunya masih banyak yang perlu diperhatikan oleh guru dalam penyampaian materi bahasa.

ANALISA MASLAH YANG DI TIMBULKAN DI LAPANGAN.

Setelah Proses Belajar Mengajar selesai, Seorang guru perlu mengadakan penilaian melalui evaluasi, Dalam penilaian tentunya masih ada kekurangan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis, mengenai kendala apa yang menjadikan hasil yang dicapai tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dari hasil analisis ada beberapa hal yang menjadi masalah dalam pembelajaran bahasa diantaranya:
1. Bahan belajar bahasa sepeti buku bacaan belum semua siswa terpenuhi.
2. Alat peraga bahasa Indonesia belum maksimal (seperti kartu hurup).
3. Jumlah siswa dalam satu kelas terlalu banyak sehingga kurang pemantauan oleh guru.
4. Tempat duduk siswa terlalu sempit, (satu bangku diduduki 3-4 anak)
5. Kurang bimbingan dari pihak orang tua dalam belajar dirumah./WN ”Pedes”.