MURAH MERIAH BANGET 

JAKARTA--Sebanyak 34.283 CPNS  di instansi pusat telah lolos pemberkasan dan berhak mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP). Itu berarti sudah 75,6 persen CPNS yang telah menyandang status PNS. Sisanya masih terganjal karena masalah teknis di instansi masing-masing.

"Formasi CPNS 2010 untuk instansi pusat ada 45.321 orang. Yang sudah mengantongi NIP 34.283 orang," kata Kabag Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat yang dihubungi, Selasa (22/2).


Untuk 24,4 persen CPNS pusat yang belum mendapatkan NIP, paling banyak berasal dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Padahal instansi pusat termasuk Kemenkeu telah melakukan seleksi CPNS 2010 pada Oktober tahun lalu.


"Harusnya proses pemberkasan itu hanya memakan waktu 20 hari.Tapi nyatanya hingga Februari ini, masih banyak CPNS Kemenkeu yang belum diselesaikan berkasnya dan dimasukkan ke BKN. Prinsipnya BKN tidak menahan-nahan berkas kok. Kalau ada yang terlambat, berarti hambatannya di instansi berwenang," jelasnya.


Ditambahkan Tumpak, 75,6 persen CPNS yang mengantongi NIP itu telah terhitung PNS sejak 1 Januari 2011. Hanya saja gajinya belum dihitung per 1 Januari. "Gaji bisa diterima kalau sudah ada surat pernyataan melaksanakan tugas. Misalnya PNSnya melaksanakan tugas mulai 1 Februari, berarti gajinya dibayarkan awal Maret," terangnya.
(esy/Sumber:jpnn.com)