Jakarta,PELITAKARAWANG.COM – .Pada hari ini Credit Suisse Bank, melalui School Development Outreach (PSF – SDO), salah satu inisiatif Putera Sampoerna Foundation di bidang pendidikan, melaksanakan acara Pameran Pendidikan dan Pembelajaran (Open Day) di sekolah gratis SD-SMP Muhammadiyah, Jakarta Barat.

Open Day ini merupakan unjuk-kerja dari implementasi lokakarya yang telah dilakukan dengan bimbingan dari tim PSF – SDO. Materi yang diberikan, mencakup materi mengenai pengelolaan kelas dengan memajang hasil karya siswa; pembudayaan membaca di sekolah; serta pembelajaran Bahasa Inggris secara interaktif di kelas.

Kegiatan ini merupakan acara puncak dari kegiatan lokakarya yang telah dilaksanakan sejak bulan February 2013 yang lalu. Lokakarya ini adalah bagian dari program Educators’ Empowerment Program (EEP). Program pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan mengubah paradigma pendidikan yang “berpusat-pada-guru” menjadi paradigma yang “berpusat-pada-siswa”, serta memperkenalkan pengetahuan dan keterampilan profesional yang fundamental. Dalam program pelatihan ini, peserta mempelajari isu-isu pedagogis yang dihadapi dan dapat dipraktikkan setiap hari di depan kelas.

“Pelatihan diberikan kepada 30 guru sukarelawan dari sekolah gratis SD-SMP Muhammadiyah. Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian guru agar bisa meningkatkan kualitas pendidikan bagi 165 murid sekolah gratis SD-SMP Muhammadiyah Jakarta Barat,” ujar Ari Kunwidodo, Director Putera Sampoerna Foundation

Credit Suisse percaya bahwa guru merupakan komponen utama untuk mencerdaskan suatu bangsa, sehingga tenaga pengajar memiliki peran yang sangat besar akan kualitas pendidikan. Hal inilah yang mendasari pelaksanaan kegiatan ini dengan harapan para guru dapat menjalankan fungsinya secara optimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di sekolah gratis SD-SMP Muhammadiyah Jakarta Barat.

Dalam kegiatan ini, Credit Suisse juga melaksanakan serah terima alat tulis untuk keperluan display kelas; untuk kebutuhan membangun budaya membaca, diserahkan sekitar 170 judul buku yang telah dipilih sendiri oleh pihak sekolah untuk pegangan siswa dan pengayaan pengetahuan, beserta lemari buku untuk menyimpan koleksi tersebut; seperangkat alat memasak yang digunakan untuk pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran Bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk pengayaan materi di mata pelajaran yang lain.

Kerjasama Putera Sampoerna Foundation dengan para mitra-mitranya merupakan bagian dari program Kerjasama Publik dan Swasta (Public-Private Partnership) untuk meratakan akses dan meningkatkan kualitas pendidikan demi menciptakan masa depan Indonesia yang lebih baik.


Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia merupakan tanggungjawab bersama seluruh elemen masyarakat.Credit Suisse Bank dan Putera Sampoerna Foundation sudah melakukan kerjasama sejak tahun 2006 dalam Education Recovery Program di Merapi.

“Dengan dukungan para mitra, kami percaya bahwa Indonesia dapat menciptakan lebih banyak pemimpin masa depan yang dapat bersaing di era globalisasi. Semakin banyak pihak yang peduli dan saling bekerjasama, maka semakin besar peluang kita untuk menciptakan masa depan Indonesia yang lebih baik. Bersama-sama kita dapat membuat perubahan,” tutup Ari.

Sekilas Tentang Putera Sampoerna Foundation.

Putera Sampoerna Foundation (PSF) adalah Institusi Bisnis Sosial pertama di Indonesia yang memiliki visi untuk mencetak calon-calon pemimpin masa depan dan wirausahawan Indonesia yang handal demi menghadapi tantangan global.

Empat pilar utama kegiatan Putera Sampoerna Foundation adalah pendidikan yang berkualitas bagi murid Indonesia berprestasi terutama dari keluarga prasejahtera, penciptaan lapangan kerja melalui pengembangan kewirausahaan, pencerahan masyarakat umum melalui pemberdayaan perempuan, serta program bantuan kemanusiaan.

Mengacu pada strategi besar ‘Pathway to Leadership’, Putera Sampoerna Foundation memiliki tujuan untuk menciptakan pemimpin masa depan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dan perubahan di komunitasnya. Dalam menjalankan kegiatannya, Putera Sampoerna Foundation didukung oleh mitra strategis antara lain Sahabat Wanita, Siswa Bangsa, Bait Al-Kamil, dan MEKAR yang merupakan sebuah portal lengkap dan pusat pengembangan bagi kewirausahaan di Indonesia.

Sejak didirikan pada 2001, Putera Sampoerna Foundation telah menyalurkan lebih dari 34.600 beasiswa, menyelenggarakan pelatihan untuk lebih dari 21.500 guru dan kepala sekolah, mengadopsi 118 sekolah dan 9 madrasah. Pada 2009, Putera Sampoerna Foundation mendirikan sekolah berstandar internasional berasrama yaitu Sampoerna Academy, sekolah tinggi untuk mencetak generasi pendidik masa depan yakni Sampoerna School of Education yang sekaligus merupakan elemen pertama dari pendirian universitas bertaraf dunia, serta disusul peluncuran Sampoerna School of Business pada tahun 2010.

Putera Sampoerna Foundation adalah organisasi filantropi pertama yang memperoleh sertifikasi ISO 9001:2008 yakni sertifikat sistem kualitas manajemen yang bertaraf internasional. Menerapkan prinsip-prinsip keterbukaan dan akuntabilitas dalam segala aktivitasnya, Putera Sampoerna Foundation telah dipercaya oleh lebih dari 300 korporasi, organisasi maupun asosiasi untuk menjalankan program tanggung jawab sosial (CSR). Secara berkala, Putera Sampoerna Foundation mengikuti audit yang dilakukan oleh pihak auditor internasional independen dan laporannya diterbitkan di buku laporan tahunan Putera Sampoerna Foundation.(RY). www.pelitakarawang.com