JAKARTA -PELITAKARAWANG.COM - Pejabat Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) menegaskan bahwa persoalan lingkungan hidup dan perubahan iklim bisa diatasi dengan sederhana dan tidak perlu diatasi secara berlebihan alias lebay.
"Mematikan lampu untuk menghemat energi tidak perlu duit. Hanya perlu kesadaran. Mengatasi perubahan iklim dengan cara sederhana, istilah anak muda sekarang, kita hidup tidak usah lebay," kata Kabid Kerentanan Perubahan Iklim Asdep Adaptasi Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup, Arif Wibowo, di Jakarta, Rabu (11/12).
Isu lingkungan, menurut Arif, pada Diskusi Terbatas Media mengenai Urban Climate Change Resilience (UCCR) diselenggarakan Mercy Corps Indonesia bekerjasama dengan The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) itu, juga merupakan isu ekonomi.
"Supaya tidak lebay, pembangunan perubahan iklim menjadi milik bersama, bukan suatu proyek. Main settingnya harus mencari solusi yang simpel, seperti biogas, optimalisasinya bagaimana. Misalnya, bagaimana petani dapat menghasilkan pupuk organik, menghasilkan beras organik yang nilai jualnya mahal," kata dia lagi.
Arif mengingatkan, emisi dan kerentanan efek rumah kaca jangan naik terus, sehingga bisa ditanggulangi dengan perbuatan-perbuatan sederhana.
"Negara maju melakukan perubahan dengan teknologi. Negara berkembang dengan ketergantungan pada negara maju," ujar dia lagi.
Dari dulu, pemerintah memiliki program pembanguan berkelanjutan dan isu macam-macam, salah satunya perubahan iklim. Namun, Arif menyayangkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang seringkali mudah diganti akibat kepentingan politis./ANTARA.

 @Redaksi 2013 E Mail : pelitakarawang@gmail.com - redaksipelitakarawang1@gmail.com