Karawang, PEKA. - Kebakaran hutan terjadi di sejumlah titik sekitar Gunung Cengkik dan Gunung Cipaga wilayah Karawang bagian selatan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (17/10).
"Lokasi kebakaran berada di atas kedua gunung itu yang berada di Kecamatan Tegalwaru," kata Agung, salah seorang warga setempat di Karawang, Sabtu (17/10).
Ilustrasi Kebakaran gunung
Ia mengaku tidak mengetahui penyebab kebakaran. Namun kebakaran diduga terjadi akibat musim kemarau. Menurut dia, kebakaran hutan di kawasan gunung wilayah Karawang selatan sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Bahkan, di Gunung Cipaga sudah dua kali. "Sekarang, kebakaran hutan itu merambat ke kawasan hutan Gunung Cengkik," katanya.
Agung mengatakan, warga bersama petugas Perhutani berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Tetapi proses pemadaman berjalan lambat, karena titik kebakaran berada di atas gunung.
Selain melakukan pemadaman secara bersama-sama, warga dan petugas juga melakukan antisipasi "skat bakar" untuk mengantisipasi menjalarnya api.
"Skat bakar" itu sendiri dilakukan dengan membabat pohon serta mencangkul tanah di radius sekitar 10 meter dari titik kebakaran.
Antisipasi "skat bakar" juga dilakukan untuk mencegah api menjalar ke kawasan hutan bagian bawah. Sebab, di kawasan hutan gunung bagian bawah terdapat pemukiman warga.


Antara