MADRID, PEKA. - Real Madrid memastikan lolos ke final Liga Champions musim 2015/2016. Ini setelah Los Blancos menaklukkan Manchester City 1-0 pada leg kedua semifinal Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis (5/5) dini hari WIB.

Skuat asuhan Zinedine Zidane lolos dengan agregat 1-0 setelah pada leg pertama pekan lalu hanya bermain imbang 0-0. Hasil ini membuat Madrid akan bersua rival sekota Atletico Madrid pada partai final di San Siro, Milan.


Derby Madrid pada partai puncak merupakan ulangan final Liga Champions dua musim lalu. Ketika itu Real tampil sebagai juara setelah menaklukkan Atletico 4-1 lewat babak perpanjangan waktu.

Gol tunggal kemenangan Real tercipta oleh bunuh diri Fernando berkat andil Gareth Bale pada menit ke-20. UEFA yang sebelumnya mencatatkan gol ini atas nama Bale meralatnya karena sepakan winger asal Wales itu berubah arah setelah mengenai kaki Fernando.

Gol berawal dari sodoran Dani Carvajal di sisi kiri pertahanan City. Dengan kecepatannya, Bale kemudian berhasil menguasai bola dan melakukan tendangan keras dari sisi kanan. Joe Hart tak mampu menghalau tendangan keras yang sebelumnya mengenai Fernando.

Tertinggal 0-1 membuat pelatih Manchester City Manuel Pellegrini membuat perubahan pada babak kedua. Ia memasukkan Raheem Sterling menggantikan Yaya Toure pada menit ke-61 dan Kelechi Iheanacho menggantikan Jesus Navas delapan menit berselang, namun pergantian ini tak begitu signifikan.

City hanya mendapatkan satu peluang emas lewat tendangan jarak jauh dari Sergio Aguero yang tipis di atas mistar Keylor Navas.

Sebaliknya Real mendapatkan sejumlah peluang emas yang tak satupun berbuah gol. Satu di antaranya tandukan Bale yang hanya menerpa tiang.#Rol