PEKA. - PSSI ternyata tak tahu bahwa ada penyerang Indonesia yang menjadi fenomena di Asia, yakni Wanderley Santos. Ya, pemain kelahiran Brasil tetapi punya paspor Indonesia sukses meraih penghargaan Player of the Week Liga Champions Asia (LCA).
Nama Wanderley memang jadi buah bibir dalam beberapa waktu terakhir. Dia kini tengah memperkuat klub asal Uni Emirate Arab (UEA), Al Nasr.
Dua golnya kala menggulung 3-0 El Jaish, di Doha pada Rabu (24/8) menjadi sorotan. Bukan tanpa alasan, berkat torehan apiknya itu, dia didapuk jadi yang terbaik pekan ini.
Tentu, kecermelangan itu digali oleh beberapa pihak. Hingga akhirnya diketahui kalau Wanderley merupakan pemain asal Indonesia. 
Wanderley Santos
Kenyataannya, dengan paspor Indonesia, striker kelahiran Campinas, Brasil berusia 27 tahun itu bisa direkrut Al Nasr untuk mengisi slot pemain asing dari Asia.
Pasalnya di Al-Nasr sendiri, Wanderley didatangkan setelah mereka lebih dulu mendapatkan tiga pemain asing non-Asia: Kempo Ikuko (Prancis), Jonathan Pitroipa (Burkina Faso) dan Abdelaziz Barrada (Prancis-Maroko).
Sudah pasti, publik Tanah Air ramai memperbincangkannya. Bila benar, bukan tak mungkin Wanderley bisa dipanggil untuk memperkuat Indonesia pada ajang Piala AFF 2016.
Akan tetapi, saat dikonfirmasi PSSI malah menyatakan tak tahu soal Wanderley. Karena, sebelumnya PSSI tak pernah menerima apapun soal surat dari Wanderley.
"Saya tak tahu, ini baru tahu dari media kalau ada pemain Brasil yang terdaftar sebagai pemain Indonesia. Yang jelas, PSSI tak pernah menerima surat apapun soal Wenderley Santos," ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim singkat.
Menarik dinantikan apakah benar bahwa Wanderley merupakan pemain Indonesia. Bila benar, bukan tak mungkin bisa memainkannya di Piala AFF 2016 mendatang.



Jawapos.com