JAKARTA-.Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan resmi mengusung Ketua DPD PDIP Jawa Barat (Jabar) yang juga Anggota DPR Komisi I, Mayjend TNI TB Hasanuddin dan mantan Kapolda Jabar, Irjen Anton Charliyan. Alasan pemilihan, karena keduanya sama-sama jenderal dan kenyang pengalaman.

PDI Perjuangan yakin dua pasangan cagub Jabar ini akan membawa keamanan bagi Jabar."Pasangan paling menarik, karena keduanya jenderal, yang selama ini selalu diasosiasikan dengan pilar-pilar NKRI (TNI dan Polri)," ungkap Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno, Ahad (7/1). Keduanya, lanjut dia, bisa bersatu padu mengamankan Jabar.

Alasan lain PDIP, menurut Hendrawan, keduanya kenyang pengalaman. TB Hasanuddin berpengalaman sebagai Anggota DPR dan Anton Charliyan mantan Kapolda Jabar. Dengan kelebihan ini, Hendrawan yakin TB. Hasanuddin-Anton Charliyan adalah pasangan calon ini mampu membawa Jawa Barat lebih baik. "Jam terbang keduanya tinggi. Rekam jejaknya bagus," kata Hendrawan.

Sebelumnya Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menunjuk Mayjend TNI (Purn) TB Hasanudin sebagai calon gubernur (Cagub) Jawa Barat. Untuk Cawagub, PDI Perjuangan mengusung mantan Kapolda Jawa Barat, Anton Charliyan.

Keputusan ini sekaligus menjawab kabar jika PDIP kemungkinan besar akan mendukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar. Kabar tersebut muncul setelah Ridwan Kamil sempat terlihat mendatangi kantor DPP PDIP di Menteng beberapa hari lalu. Ia juga sempat diisukan berpasangan dengan Anton Charliyan.