PELITAKARAWANG.COM-. Kepolisian‎ memprioritaskan 13 wilayah untuk diamankan dalam Operasi Lilin 2018. Setidaknya, 94.946 personel yang dikerahkan dalam agenda tahunan tersebut.

'Sebanyak 13 polda prioritas yang kami anggap berpotensi mengalami kerawanan cukup tinggi dalam banyak aspek kejahatan,' kata ‎Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo‎ ‎di Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 27 November 2018.

Menurut dia, kejahatan ini meliputi kejahatan transnasional maupun‎ konvensional. Aspek kejahatan nasional terdiri dari penyelundupan narkoba dan terorisme.

Untuk masalah narkoba, kepolisian akan memperkuat pintu masuk dan keluar orang maupun barang dari luar negeri. Polri dan TNI akan memantau perbatasan di darat dan laut.
Jenderal bintang satu ini menambahkan pemantauan darat berkisar di Kalimantan Timur maupun Kalimantan Barat. Dua daerah ini rawan masalah penyelundupan narkoba.

'Jika laut, di Aceh, Riau dan Kepulauan Riau (Kepri). Wilayah laut dipantau, karena tidak semua di laut dipasang garis pantai. Sangat panjang dari Sabang hingga Marauke. Itu yang akan kita lakukan,' terang Dedi.