Keren.....,TPS Pilkades di Karawang Gunakan Scan Barcode

Iklan Semua Halaman

Keren.....,TPS Pilkades di Karawang Gunakan Scan Barcode

Redaksi
Monday, February 24, 2020
PELITAKARAWANG.COM-.Kabupaten Karawang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2020, Ahad (23/2). Dalam Pilkades tahun ini, 45 desa yang tersebar di berbagai kecamatan menggelar proses pemungutan suara. 

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana meninjau pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak 2020 di Desa Warungbambu Kecamatan Karawang Timur. Kendati kondisi cuaca tak menentu, hal tersebut tidak menghalangi antusias warga yang datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga mengapresiasi pelaksanaan Pilkades di Warungbambu. Pilkades di desa tersebut menerapkan sistem Scan Barcode bagi pemilik hak suara saat hendak mencoblos. Sistem tersebut dikatakannya merupakan inovasi dengananfaatkan era digitalisasi.

“Sepanjang sejarah mendatangi Pilkades baru kali ini ada TPS dengan sistem unik. Ini menjadi terobosan untuk efisiensi waktu. Bisa menjamin transparansi dan akuntabilitas serta melihat langsung angka partisipasi pemilih,” tuturnya.

Cellica berpesan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusivitas penyelenggaraan Pilkades di wilayahnya masing-masing. Menurutnya siapapun pilihannya bukan menjadi potensi perpecahan antar warga. 

“Berbeda pilihan itu biasa, tapi nanti ketika kepala desa sudah terpilih mari kita dukung bersama-sama. Sebab kewajiban seorang kepala desa adalah memperjuangkan rakyatnya,” ujar Bupati, Ahad (23/2). 

Ia mengatakan pelaksanaan pilkades menjadi proses dari demokrasi di Indonesia. Pemilihan secara langsung memberi kesempatan masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya. Namun tetap harus mendukung siapapun yang nantinya terpilih. 

Ia berharap Pilkades Serentak 2020 di 45 desa yang menggelar pemungutan suara bisa berjalan lancar dan kondusif. Tingkat partisipasi masyarakat juga diharapkan tinggi untuk memilih pemimpin wilayahnya. 

Di wilayah karawang desa yang melaksanakan Pilkades sebanyak 45 desa yang tersebar di berbagai kecamatan di Karawang.Dengan jumlah 156 calon kepala desa yang berpartisipasi. Kepolisian Resor (Polres) Karawang juga ikut membantu kelancaran penyelenggaraan Pilkades Serentak Tahun 2020 tersebut. Sejumlah aparat kepolisian disiagakan berjaga di TPS dan kewilayahan. 

“Polres Karawang terjunkan 718 personel polisi untuk amankan Pilkades serentak di Kabupaten Karawang,” ujar Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin. 

Menurutnya,Personel kepolisian terlibat ke lokasi TPS masing-masing wilayah. Sebelumnya juga Polres menggelar apel kesiapan dan pergeseran pasukan pengamanan Pilkades serentak Kab Karawang Tahun 2020.

Pihaknya pun menyenpatkan patroli mengecek kesiapan pelaksanaan pilkades sehari sebelumnya.

Sebelumnya dikabarkan Dua Lurah hormat di Kecamatan Cilamaya Wetan, harus legowo menerima keunggulan rivalnya di Pilkades Cikarang dan Sukatani. Menyusul, Mukhlisin yang juga mantan Pegawai Desa Cikarang, unggul telak 2.100 suara dari Lurah Hormat H Iskandar yang memperoleh 1.165 suara. Bahkan, Mukhlisin yang juga pegawai desa era Kades Hayat Sudrajat ini, unggul jauh dari petahana sebelumnya, Tajudin yang hanya memperoleh suara buncit, 105 suara dan nomor urut 4 Nasihin yang memperoleh 1.106 dari total suara sah 4.476.