PELITAKARAWANG.COM-.Hujan dengan intensitas tinggi dan durasi yang cukup lama serta kondisi tanah labil mengakibatkan longsor di sejumlah titik di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung, Minggu (16/2).


Di Bandung Barat tercatat ada empat titik longsor. Titik pertama di Kampung Gunungbentang RT 04 RW 15, Desa Jayamekar, Kecamatan, Padalarang. Longsor tebing dengan ukuran tinggi sekitar 20 meter dan lebar 25 meter. Sebanyak 3 rumah rusak ringan dan satu rusak sedang.

"Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan aparatur kewilayahan telah melakukan kaji cepat ke lokasi bencana dan untuk warga terdampak khusus malam tadi diungsikan ke tempat yang lebih aman karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan," kata Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo dalam keterangan tertulis, Senin (17/2).


Sedangkan di Kecamatan Saguling, longsor tebing dengan tinggi 10 meter dan lebar 6 meter sempat menutupi akses jalan kabupaten arah Bojonghaleang menuju arah Cikande Saguling. Namun kondisi sekarang sudah dapat dilalui kendaraan Roda 2 dan roda 4.


Lokasi ketiga yaitu berada di Kampung Gunungbentang RT 01 RW 23, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang. Longsor menimpa dua ruangan di SD Negeri 2 Gunungbentang.


Sedangkan di Kampung Nyondol RT 02 RW 08, Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang, longsor mengakibatkan tembok belakang salah satu rumah roboh.


Selain longsor, banjir bandang juga melanda wilayah Bandung Barat yakni di Perumahan Baloper Blok D RT 02 RW 20, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang.


Banjir bandang tersebut terjadi akibat tanggul ambruk dari perumahan Bumi Asri Residen yang menutup saluran air sehingga air meluap berdampak ke Perumahan Baloper. Dilaporkan satu rumah rusak berat dan 10 rumah lainnya terdampak banjir.


Duddy mengatakan, saat ini di lokasi banjir bandang diperlukan normalisasi saluran air yang tertutup oleh material tanggul.


Longsor juga terjadi di dua kecamatan di Kabupaten Bandung. Dua kecamatan tersebut yaitu di Kecamatan Cimenyan tepatnya di Kampung Pasir Luhur dan Kampung Babakan Banjaran, Kecamatan Rancabali.


"Longsor terjadi pada Minggu (16/2) sekitar pukul 15.30. Korban jiwa nihil," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Enjang Wahyudin.


Selain longsor, hujan deras juga menyebabkan tiga kecamatan terendam banjir masing-masing di Kecamatan Baleendah, Bojongsoang dan Dayeuhkolot.


BPBD Kabupaten Bandung juga mencatat kejadian tanggul jebol Sungai Cisunggalah di Kampung Bojong Kesik, Kecamatan Solokan Jeruk. Sedikitnya 700 jiwa terdampak kejadian tersebut.(cnn)