Sehari setelah Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengumumkan pemberlakuan New Normal pada 1 Juni 2020 mendatang, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana langsung menggelar apel persiapan New Normal di Makodim 0604/Karawang.


Apel ini langsung dihadiri Dandim 0604/Karawang Letkol Inf. Medi Hariyo Wibowo, Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin, Sekda Acep Jamhuri serta ahli epidemiologi Dr. Hermawan Syahputra. Kegiatan ini mengundang seluruh pengelola pasar maupun mall di seluruh Karawang.

Untuk protokol kesehatan di tempat umum harus dioptimalkan, karena saya khawatir akan adanya klaster baru,” ujar Bupati Cellica saat melakukan forum tanya jawab dengan pengelola pasar dan mall Karawang, Kami (28/5/2020) siang.

Bupati mengatakan, tanpa terkecuali, seluruh tempat umum, untuk menerapkan protokol kesehatan meskipun tidak sedang dalam masa PSBB. “Ini berlaku untuk tempat umum seperti pasar atau mall maupun tempat ibadah,” jelas bupati.

Sementara Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia dr. Hermawan Syahputra mengatakan bahwa Karawang adalah daerah transisi, sehinggga dikhawatirkan bisa memudahkan penyebaran virus korona. “Kita akan melakukan new normal tapi subtsansi dari PSBB nya tetap dijaga,” terang Hermawan.

Masih dikatakan dr. Hermawan, maksud dari substansi PSBB yang harus dijaga adalah cara hidup bersih dan sehat yang harus selalu dijaga. “Tetap pakai masker kalau keluar rumah, jaga jarak dan selalu mencuci tangan. Tetapi peran pemerintah juga sangat diperlukan, karena itu yang menentukan apakah akan berhasil atau tidak,” tandas Hermawan. (red)