Kegiatan keagamaan akan dilakukan secara bertahap dalam fase New Normal nanti. Menurut Plt Kakanwil Kementerian Agama Jabar Hamdani Romdhoni dalam jumpa pers perkembangan penanggulangan Covid 19 Jabar di Gedung Sate, Kamis (28/5/2020), lebih jelasnya, pihaknya masih menunggu keputusan Menteri Agama.
"Pelaksanaan kegiatan keagamaan baik ibadah berjamaah di masjid dan tempat ibadah lainnya akan dibuka secara bertahap dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan. Aturan lengkapnya kita masih menunggu surat edaran resmi dari Menteri Agama" katanya.
Menurut Hamdani kemungkinan besar ibadah solat Jumat dan sholat 5 waktu akan diperbolehkan tetapi tetap dibatasi jumlahnya.
"Yang awal-awal kemungkinan nanti solat Jumat akan diperbolehkan kembali di masjid tetapi dengan pembatasan jumlah dan protokol kesehatan" jelasnya.
Sementara mengenai pelaksanaan ibadah Haji, Hamdani juga menuturkan pihaknya masih menunggu keputusan Menteri Agama terkait dengan kesiapan pihak otorita Arab Saudi.
"Jika hingga awal Juni belum ada keputusan dari Arab Saudi, maka bisa dipastikan bahwa haji tahun ini ditunda" katanya.
Namun demikian Hamdani menjelaskan segala persiapan jamaah di Indonesia termasuk di Jawa Barat terus dilakukan, termasuk pelunasan biaya ongkos naik haji jamaah. **rds