3 Bulan Tutup Imbas Corona, Masjid-masjid di Mekah Buka Kembali 21 Juni

Iklan Semua Halaman

Loading...

3 Bulan Tutup Imbas Corona, Masjid-masjid di Mekah Buka Kembali 21 Juni

Editor : Raffa
Saturday, June 20, 2020
Arab Saudi berencana membuka kembali masjid-masjid yang ada di kota suci Mekah mulai Minggu (21/6) besok. Pembukaan kembali dilakukan setelah masjid-masjid ini ditutup sementara selama 3 bulan akibat pandemi virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir AFP, Sabtu (20/6/2020), pengumuman dibuka kembalinya masjid-masjid di Mekah ini disampaikan oleh televisi lokal yang dikelola otoritas Saudi, Al-Ekhbariya dengan mengutip keputusan Kementerian Urusan Islam.

"Masjid-masjid di kota suci akan mulai membuka kembali pintu-pintu mereka bagi umat pada Minggu (21/6) waktu setempat, setelah penutupan selama tiga bulan akibat pandemi virus Corona," demikian dilaporkan Al-Ekhbariya.

Dilaporkan juga oleh Al-Ekhbariya bahwa sekitar 1.500 tempat-tempat suci akan bersiap menyambut kembali para pengunjung. Tayangan Al-Ekhbariya menunjukkan momen saat para pekerja menyemprotkan disinfektan di lantai dan karpet.

Keputusan untuk membuka kembali masjid-masjid di Mekah ini diambil beberapa pekan sebelum musim ibadah Haji yang dijadwalkan mulai berlangsung pada akhir Juli. Sejauh ini, otoritas Saudi belum memberikan pengumuman resmi soal apakah aktivitas ibadah Haji akan tetap digelar atau dibatalkan.

Di luar Mekah, masjid-masjid di berbagai wilayah Saudi lainnya telah dibuka kembali sejak akhir Mei. Namun ada aturan pembatasan ketat yang diberlakukan, termasuk social distancing. Sejauh ini, Saudi melaporkan lebih dari 150 ribu kasus Corona, dengan nyaris 1.200 kematian.#dtk