Modal menjadi salah satu hambatan ketika memulai bisnis. Tapi siapa sangka ada bisnis-bisnis yang tidak memerlukan modal besar.

10 bisnis ini mungkin bisa dicoba mengingat banyak perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Sebab, bisnis ini tidak memerlukan modal besar untuk memulainya,.

Dompet isi uang dikit

Melansir Entrepreneur, Jumat (7/10/2019), berikut adalah deretan bisnis yang tak perlu modal besar:

1. Sales Representative

Menjadi sales representative untuk produk-produk tertentu mengharuskan kamu untuk menyebarkan berita mengenai produk tersebut. Kamu bisa melakukannya di acara pesta atau menjualnya secara online.

2. Konsultan

Jika kamu memiliki pengalaman dalam bidang tertentu, seperti memberikan nasihat seputar hukum ataupun mengarahkan suatu bisnis, maka kamu bisa membangun agen konsultan sendiri. Kamu mungkin akan memerlukan biaya dalam memasarkan bisnis dan membangun jaringan yang dibutuhkan.

3. Pendamping Lansia

Memasuki usia tua, seseorang membutuhkan orang lain untuk membantunya menjalankan aktivitas. Lansia biasanya juga membutuhkan seseorang untuk menemani mereka. Selain itu, kamu juga menjadi tempat bagi keluarga yang memiliki lansia untuk meminta nasihat dan saran tentang bagaimana cara merawat lansia.

4. Tutor atau Pengajar

Banyak siswa tetap membutuhkan bantuan pengajar dalam melakukan kegiatan belajar sendiri di rumah, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Jika kamu memiliki kemampuan mengajar dan pengetahuan tentang pelajaran tersebut, kamu bisa membuka layanan bimbingan belajar privat sendiri untuk para siswa.

5. Pekerja Lepas

Saat ini, tenaga pekerja lepas sangat dibutuhkan. Apalagi jika kamu memiliki kemampuan untuk mengembangkan web ataupun menulis. Menjadi pengembang web secara lepas dapat menjadi ide bisnis yang menguntungkan. Kamu hanya perlu menyiapkan laptop dan koneksi internet yang memadai.

6. Nge-Vlog

Video Blog atau yang lebih dikenal dengan istilah 'vlog' kini sangat digemari masyarakat dari berbagai tingkatan umur. Kamu bisa memanfaatkan gadget yang kamu miliki untuk membuat sebuah video, seperti kamera, telepon pintar, laptop, dan lain-lain. Video tersebut bisa berisikan tentang pengetahuan yang ingin kamu bagikan, aktivitas yang dilakukan, hingga pengalaman akan suatu hal. Jika berhasil dan banyak yang menoton serta menyukai video kamu, maka kamu bisa mulai mendapatkan keuntungan dari setiap iklan.


7. Jasa Servis Mobil

Jika kamu memiliki keahlian dalam mereparasi barang, seperti elektronik, jam, atau kendaraan, kamu bisa memulai usaha ini. Kamu mungkin akan memerlukan modal untuk membeli alat-alat tertentu. Tetapi, kamu tidak harus memiliki bengkel sendiri, kamu bisa menghampiri pelanggan ke tempatnya untuk memangkas biaya pembuatan bengkel. Selain itu, jasa servis seperti ini dinilai cepat dan praktis.

8. Peminjaman Peralatan Rumah Tangga

Hal ini dapat dijadikan ide bisnis karena saat ini lebih banyak orang yang memilih untuk menyewa daripada membeli. Hal ini tentu dapat kamu lakukan dengan hanya menyiapkan perabotan rumah tangga yang mungkin ada di dalam rumahmu.

9. Mengelola Desain Web

Jangan takut apabila kamu tidak memiliki keterampilan ini. Di luar sana banyak situs yang mengajarkan cara mengelola desain web dasar. Bahkan, jika kamu bukan seorang desainer web, kamu bisa kamu akan tetap bisa melakukanya. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ini.

10. Teknisi atau Tukang

Jika kamu memiliki keahlian dalam melakukan reparasi perabot rumah tangga, maka kamu cukup beruntung! Bisnis ini sangat diminati dan tidak memerlukan modal yang banyak untuk dijalankan.***