Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

DPR Dukung Usulan Pembangunan Pelayanan Haji Terpadu pada Tiga Kabupaten

Redaksi
Friday, August 28, 2020, 00:16 WIB Last Updated 2020-08-27T17:17:28Z
Ketua Komisi VIII DPR RI  Yandri Susanto mendukung usulan Kepala Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan Anwar Abubakar untuk membangun Pusat Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu (PPHUT) pada tiga kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Dukungan ini disampaikan Yandri dalam lawatannya ke Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan. 
Adapun tiga kabupaten yang diusulkan akan dibangun PPHUT adalah Kabupaten Maros, Sidrap, dan Bantaeng. "Kita akan setujui usulan penganggarannya. Termasuk renovasi KUA dan Kantor Kemenag Kab./Kota serta pengaspalan jalan di Asrama Haji Sudiang Makassar," ungkap Yandri, Kamis (27/08). 
"Untuk saat ini ada moratorium pembangunan gedung Kantor Kemenag, kecuali Kemenag Toraja Utara. Kita akan bangunkan karena memang belum memiliki kantor. Namun tetap ada anggaran untuk renovasi dan tidak perlu ditender," lanjut Yandri. 
Komisi VIII DPR RI melaksanakan kunjungan kerja ke Makassar. Lawatan ini bertajuk Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI mengusung tema "Dampak Covid-19 Terhadap Pelayanan Haji dan Peningkatan Peran UPT Asrama Haji di Provinsi Sulawesi Selatan". 
Anggota Komisi VIII DPR RI yang turut serta dalam kunjungan ini diantaranya, H. Samsu Niang, H. Arwan M.Aras, H.Jefry Romdonny, H. Satori dan H. Hasani Bin Zuber Anggota, serta Ashabul Kahfi, M.Ag dari Komisi IX DPR RI.
Juga tampak hadir Yusuf Kamaluddin, Sekretariat Komisi VIII DPR RI dan Adi wicaksono, tenaga ahli Komisi VIII DPR RI.
Pejabat eselon dua dan tiga Kemenag Sulsel yang hadir diantaranya Kabag TU H.Faturrahman dan Kabid PHU Kaswad Sartono, Kabid Penaiszawa H.Rappe, Kabid Penmad H.Masykur, Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar M.Iqbal dan para Kepala Kantor Kemenag bersama Kasi PHU Kab./ Kota se-Sulsel.
Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Anwar Abubakar dalam sambutannya, menyoal tentang panjangnya daftar tunggu Calon Jemaah Calon (CJH) Sulawesi Selatan yang telah mencapai angka 229.345 orang.
"Jika dibandingkan dengan kuota haji Sulsel yang hanya 7.272 orang tahun ini, maka waiting list CJH Sulsel telah mencapai 41 tahun lamanya. Mungkin ini daftar tunggu terlama di Indonesia", ungkap Kakanwil.
Anwar Abubakar juga menyebut adanya 25 CJH yang menarik setorannya, serta berharap pembangunan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu di tiga kabupaten dapat terealisasi tahun 2021.
"Tahun ini Sulsel mendapatkan satu gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu di Kab.Bulukumba. Semoga tahun depan usulan pembangunan gedung serupa di Kabupaten Bantaeng, Sidrap dan Maros dapat terealiasi," harapnya.
Dirinya juga mengusulkan agar wisma haji di UPT Asrama Haji Sudiang terus dibangun mengingat asrama ini melayani delapan provinsi, baik embarkasi maupun debarkasi pada saat musim haji.**ts
Komentar

Tampilkan

  • DPR Dukung Usulan Pembangunan Pelayanan Haji Terpadu pada Tiga Kabupaten
  • 0

Terkini