Notification

×


Iklan

HUT RI ke-75 Puncaki Trending Twitter, Presiden Jokowi Siap Pimpin Upacara 17 Agustus

Monday, August 17, 2020 | 10:36 WIB Last Updated 2020-08-17T03:40:03Z
17 Agustus menjadi momen bersejarah buat bangsa Indonesia. Tepat di perayaan ulang tahun Republik Indonesia ke-75, masyarakat gencar menggaungkan semangat kemerdekaan.
HUT RI ke-75 

Meski di tengah situasi Pandemi Corona, semangat merayakan Hari Kemerdekaan rupanya masih tetap tinggi. Terbukti, masyarakat kompak mengunggah tagar untuk menyambut HUT RI ke-75.
Tepat hari ini, Senin, 17 Agustus, sejumlah tagar berkaitan dengan HUT RI menjadi trending di Twitter Indonesia. Diantaranya Dirgahayu Indonesia, Dirgahayu Republik Indonesia, Happy Independence, Indonesia Maju hingga #HutKe75RI.
Tagar HUT RI ke-75
Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk ambil bagian dalam peringatan HUT RI tahun ini. Jokowi menyuarakan untuk mengambil sikap sempurna serentak pada pukul 10:17 WIB.
"Anda dapat menyaksikan upacara pengibaran bendera dan beragam keramaian 17an secara virtual di beranda YouTube dan melalui tayangan langsung seluruh TV nasional, besok di Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2020. Tepat pukul 10.17 WIB, mari serentak mengambil sikap sempurna dan memberi penghormatan kepada sang saka merah putih," kata Presiden Jokowi via Instagram.
Ia juga mengunggah video cuplikan detik-detik Proklamasi 17 Agustus 1945. Dalam video tersebut, tampak sosok bapak proklamasi sekaligus Presiden RI Pertama Soekarno dan sejumlah foto para presiden pendahulu dan video cuplikan kegiatan kenegaraan terkait Dirgahayu Kemerdekaan RI. Video tersebut menuai dukungan dari masyarakat yang sudah rindu dengan momen perayaan HUT RI.
"Sangat rindu dengan momen 17 Agustus ❤️ yg setuju mari satukan," kata netter. "Selamat ulang tahun Indonesia, selamat tinggal corona aamiin," kata netter lainnya.
Sementara itu, Presiden Jokowi telah melakukan ziarah sekaligus menjadi inspektur upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam (TMP) Kalibata, Jakarta, tepat pada hari ini, 17 Agustus, pukul 00:00. Presiden membacakan naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur karena membela negara.
Presiden Jokowi mengungkap bahwa pahlawan yang bersemayam di TMP Kalibata berasal dari unsur TNI/Polri sebanyak 9.131 pahlawan, Badan Perjuangan 877 pahlawan, tokoh nasional 51 pahlawan dan tidak dikenal 43 pahlawan. "Kami menyatakan, hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan, demi kebahagiaan nusa dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan yang Maha Esa dan ditempatkan yang sebaik-baiknya," demikian kata Presiden Jokowi.
Sesudah upacara, dilanjutkan dengan penyalaan obor dan pembacaan doa oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Saat membacakan doa, Menag mengajak semua pihak berdoa agar wabah virus corona segera berlalu.**
×
Berita Terbaru Update