Minum air mineral setiap hari sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Bahkan ilmu kesehatan menyarankan untuk meminum air minimal delapan gelas dalam sehari.

Minum memang baik untuk kesehatan. Namun bagaimana jika minum air berlebihan?

Ternyata minum terlalu banyak air dapat menyebabkan keracunan air, atau dikenal sebagai hiponatremia.

Hiponatremia dapat menyebabkan bagian dalam sel membanjir karena kadar natrium rendah yang tidak normal dalam aliran darah.

Foto : ilustrasi orang minum

Dalam kasus yang parah, keracunan air dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kejang, koma, dan bahkan kematian.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com melalui The Healthy, simak 5 hal yang akan terjadi jika terlalu banyak minum air.

1. Sering Buang Air Kecil Termasuk pada Malam Hari

Anda mungkin minum terlalu banyak air jika sering terbangun di tengah malam untuk ke toilet.

Menurut Klinik Cleveland, kebanyakan orang buang air kecil antara 6 dan 8 kali sehari. Jika Anda buang air kecil lebih dari 10 kali sehari, hal ini karena kelebihan air minum.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Pikiran-Rakyat.com dengan judul "Tak Boleh Sembarangan, Terlalu Banyak Minum Air Putih Bisa Berbahaya"

2. Merasa Mual

Gejala overhidrasi sangat mirip dengan dehidrasi. Ketika Anda minum terlalu banyak air, ginjal menjadi tidak mampu membuang kelebihan cairan, dan air mulai mengumpul di dalam tubuh.

Hal ini dapat menyebabkan sejumlah gejala yang tidak menyenangkan, seringkali termasuk mual, muntah, dan diare.

3. Sakit Kepala Berdenyut

Ketika Anda minum terlalu banyak air, konsentrasi garam dalam darah berkurang, menyebabkan sel-sel di seluruh organ tubuh membengkak.

Pada saat konsentrasi garam rendah, sel-sel Anda tumbuh. Ketika Anda minum terlalu banyak air, otak Anda sebenarnya tumbuh dalam ukuran dan menekan tengkorak. Tekanan tambahan ini dapat menyebabkan sakit kepala yang berdenyut dan masalah kesehatan yang lebih serius seperti gangguan otak dan kesulitan bernapas.

4. Otot-otot Terasa Lemah dan Cenderung Mudah Kram

Minum terlalu banyak air, membuat kadar elektrolit Anda turun dan keseimbangan itu terganggu. Kadar elektrolit yang rendah dapat menyebabkan sejumlah gejala yang tidak menyenangkan, termasuk kejang otot dan kram.

Anda dapat mencegah masalah otot dengan mengganti beberapa gelas air sehari dengan air kelapa, yang penuh dengan elektrolit dan 100 persen alami.

5. Merasa Lelah

Minum terlalu banyak air, akan membuat ginjal harus bekerja lebih keras lagi, menciptakan reaksi stres dari hormon Anda yang membuat tubuh stres dan lelah.

Jika Anda terus-menerus minum air dan kesulitan untuk bangun dari tempat tidur, itu mungkin karena telah menambahkan stres yang tidak perlu pada ginjal.***