Selama ini kamu pasti selalu menggunakan kamera handphone (hp) hanya untuk mengambil gambar dan membuat video. Tapi tahu gak sih? Ternyata, kamera ponsel juga bisa digunakan untuk menterjemahkan bahasa asing lho.

Handphone

Seperti dikutip dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Kamis (30/7/2020), sebenarnya, fungsi utama kamera memanglah untuk berfoto. Namun dengan aplikasi yang tepat banyak hal praktis yang bisa kalian lakukan dengan kamera ponsel.

Dengan aplikasi Google Translate atau Microsoft Translator, kalian bisa dengan mudah menerjemahkan bahasa asing tanpa perlu mengetiknya. Kalian bisa memotret kalimat dalam bahasa asing tersebut dan akan segera mendapatkan terjemahannya. Terjemahan bisa berjalan otomatis melalui pemindaian langsung dan teknologi augmented reality seperti pada Google Translate. Jika kalian pergi ke luar negeri dan ingin tahu arti petunjuk jalan, fungsi kamera yang satu ini bisa sangat berguna.

Kalian bisa mengubah dokumen menjadi format digital dengan menggunakan kamera. Entah itu kartu nama, surat, atau dokumen lainnya. Kalian bisa melakukan scanning dokumen dengan beberapa aplikasi Cloud seperti Google Drive dan Dropbox. Selain itu, ada juga aplikasi khusus untuk scan dokumen seperti Office Lens atau CamSanner. Aplikasi scan biasanya akan melakukan koreksi optik, misalnya pada posisi kertas yang miring bisa menjadi lurus. Dengan begitu gambar dokumen lebih layak untuk dibaca.

Kalian juga bisa menggunakan kamera ponsel untuk mencari suatu informasi online seperti judul buku atau mengakses suatu website dengan memindai QR Code atau barcode. Dengan begitu, kalian bisa langsung mengakses suatu website atau informasi online tanpa perlu mengetiknya di handphone. Beberapa ponsel sudah memasang fungsi ini di aplikasi kamera bawaan mereka. Jika kamera ponsel kalian belum memiliki fitur tersebut, kalian bisa mencari aplikasi QR code atau barcode scanner baik di Play Store maupun di App Store. Selain itu, kalian juga bisa mencari informasi dari foto menggunakan Google Lens.

Fungsi yang satu ini sangat populer terutama karena untuk selfie dan game. Jika kalian pernah memasang filter foto atau video di Instagram Stories atau Snapchat dan bermain Pokemon Go, kalian berarti sudah menggunakan fitur augmented reality. Ada banyak aplikasi yang menghadirkan fitur augmented reality yang menarik. Kalau kalian suka tato, kalian bisa mencoba Inkhunter. Jika ingin belajar soal konstelasi bintang, kalian bisa coba Star Walk atau SkyView. Atau jika ingin mencoba riasan di wajah, kalian bisa mencoba Sephora.**