Museum Geologi Bandung menjadi salah satu museum yang paling tinggi pengunjungnya di Indonesia, yakni rata-rata satu juta pengunjung per tahunnya. Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno melihat, museum ini menjadi sarana pendidikan yang sangat baik tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk mahasiswa dan pelajar, serta bagi pihak-pihak yang masih punya keinginan untuk belajar.

“Kita juga bisa mengetahui betapa kaya sejarahnya Indonesia dan juga di sini kita bisa mengetahui betapa kompleksnya kita untuk menemukan rangkaian sejarah kita, mulai dari sejarah manusia, sejarah pembentukan batu dan lain-lain,” ungkap Eddy saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI meninjau Museum Geologi Bandung, di Bandung, Jawa Barat.

Lebih lanjut, Eddy menyampaikan bahwa kehadiran museum tersebut sangat penting, agar setiap pengunjungnya mengetahui runtutan sejarah, misalnya guna pengembangan geothermal, pengeboran minyak, penemuan batu bara dan lain-lain. “(Museum) Ini saya kira memberikan masukan dan memberikan perluasan pandangan bagi kita semua dan sangat bermanfaat bagi seluruh anggota Komisi VII DPR RI,” tegas Eddy.

“Saya kira selama ini temuan-temuan geologi sudah tercatat dengan baik, terkelola dengan baik dan saya memberikan apresiasi kepada Kepala Museum Geologi yang telah mengorganisir dan mengelola museumnya dengan baik. Kita berharap setelah pandemi nanti, museum ini kembali ramai dikunjungi,” harap politisi Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) ini.

Museum Geologi Bandung 

Sebelumnya Eddy menjelaskan, kunjungan Komisi VII DPR RI ke Museum Geologi Bandung ini dalam rangka fungsi pengawasan, khususnya guna memperoleh informasi tentang koleksi, program kegiatan, dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi Museum Geologi Bandung dalam pelaksanaan fungsinya. “Kita datang ke sini, untuk melihat langsung ke apa saja yang ada di Museum Geologi dalam rangka untuk menambah informasi terkait  hal-hal yang menyangkut geologi di Indonesia,” jelas Eddy.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri ESDM RI Nomor12 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Museum Geologi, Museum Geologi merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Badan Geologi Kementerian ESDM RI yang memiliki tugas melaksanakan pengelolaan, penelitian, pengembangan, konservasi, peragaan, dan penyebarluasan informasi koleksi geologi.

“Dengan adanya kondisi geografis dan geologis Wilayah Indonesia yang berada dalam jalur cincin api pasifik (Pacific Ring of Fire) dan terletak diantara 3 lempeng aktif yang berinteraksi, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Indo-Australia, maka peran Badan Geologi Kementerian ESDM RI menjadi sangat vital dalam pengelolaan sumber daya geologi dan mitigasi kebencanaan di Indonesia,” tutur Eddy. ***skr/sf