Ditjen Pendidikan Islam Kemenag akan melatih (shortcourse) dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) terkait pengabdian masyarakat berbasis PAR (Participatory Action Research) dan ABCD (Asset-Based Community Development). 
Pelatihan akan digelar bertahap, mulai 7 September 2020. Karena pandemi, shortcourse akan dilaksanakan secara daring atau dalam jaringan.
Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, M Arskal Salim, menyatakan bahwa shortcourse dimaksudkan menghasilkan dosen PTKI yang memiliki penguasaan di bidang metodologi PAR dan  ABCD. Pelatihan ini juga sekaligus mendorong adanya duta metodologi pengabdian kepada masyarakat di lingkungan PTKI.
“Metode PAR dan ABCD merupakan trend tersendiri di lingkungan PTKI, agar dapat menghasilkan karya pengabdian yang lebih maksimal,” ungkap Arskal di Jakarta, Kamis (03/09).
Menurutnya, saat ini sudah terbit Keputusan Ditjen Pendidikan Islam Nomor 3091 Tahun 2020 tentang Paradigma Pengabdian Kepada Masyarakat. “Keputusan ini penting untuk ditindaklanjuti PTKI untuk memperkuat pengetahuan metodologis pengabdian masyarakat,” ungkapnya.
“Bahkan, perlu diwacanakan agar PTKI membuat mata kuliah baru tentang metodologi pengabdian masyarakat. Sebab, pengabdian masyarakat merupakan kewajiban dan sekaligus rutinitas bagi sivitas akademika PTKI,” lanjutnya.
Menurut Arskal, kegiatan pengabdian PTKI, baik oleh dosen maupun mahasiswa, mendapat apresiasi dari masyarakat. Sebab, manfaat program pengabdian tersebut dirasakan mereka, bahkan meski programnya sudah selesai.
“Bukti nyata dan manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat merupakan bagian dari identitas pengabdian masyarakat PTKI,” ungkap guru besar UIN Jakarta ini.
Kasubdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Diktis, Suwendi, menambahkan bahwa shortcourse ini merupakan ikhtiar memperkuat kapasitas dosen PTKI bidang pengabdian masyarakat. Program ini direspon positif oleh dosen PTKI. Terbukti, jumlah pendaftar sangat banyak, mencapai 790 peserta.
Shortcourse gelombang pertama akan diikuti 100 peserta terpilih pada 7 September 2020. Untuk gelombang kedua, pelatihan akan dilaksanakan pada Oktober 2020.
Informasi mengenai Shortcourse Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat diakses pada Informasi mengenai Shortcourse Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat diakses pada www.diktis.kemenag.go.id.***nag