Jumat, 27 November 2020, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat persiapan menjelang Operasi Lilin 2020.

Pelaksanaan operasi lilin tahunan ini direncanakan akan dilakukan selama 15 hari mulai 21 Desember 2020 - 4 Januari 2021.

Brigjen Kushariyanto selaku Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri mengatakan bahwa sebanyak 191 ribu personel gabungan akan diturunkan.

Ia meminta maaf kepada seluruh personel yang di lapangan agar tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19.

"Sampai saat ini masih dihadapkan pada musuh yang tidak terlihat. Jadi mohon di laporkan bahwa anggota betul anggota untuk mempedomani prokes di masa pandemi ini," Kushariyanto dalam keterangannya, sebagaimana dikutip dari PMJ News pada Sabtu, 28 November 2020.

Menurut Kushariyanto, Operasi Lilin tahun Polri ini akan mengedepankan kegiatan simpatik dan kemanusiaan. Salah satunya dengan pembagian masker dan sembako.

Ditambahkan Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri, Kombes Pol Rudi Antariksawan bahwa pihaknya fokus di jalur tol dan jalur arteri. Selain itu, petugas juga memberlakukan tempat wisata, tempat ibadah, serta lokasi malam pergantian Tahun Baru 2021.

"Ada beberapa titik fokus yakni di Tol KM 41 dan pertemuan Tol Elevated KM 47, serta di pertemuan Tol Kalihurip Utama dan Tol Cikampek Utama pada KM 66," jelas Rudi.

Polisi

"Nantinya petugas kepolisian sudah siap mempersiapkan lalu lintas, mulai contra flow sampai one way jika memang diperlukan," imbuhnya.**