Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri memprediksi lonjakan arus lalu lintas kendaraan akan terjadi pada 29 dan 30 Desember 2020. Lonjakan arus kendaraan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) itu terjadi baik di jalur tol, arteri, maupun wisata.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolda Jabar Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri saat meninjau pos pengamanan terpadu Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Rabu (23/12/2020). Hadir pula dalam kegiatan itu Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Kepada masyarakat yang berpergian diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan 3M dan melaksanakan rapid test antigen terlebih dahulu," kata Kapolda Jabar.

Dalam kegiatan itu, Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi mengecek kesiapan personel dan jalur Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), arteri, dan objek wisata dalam rangka Operasi Lilin Lodaya 2020.

Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi memantau situasi terkini melalui pantauan CCTV di beberapa jalur tol dari Cikopo hingga Palimanan. Selain itu, Kapolda Jabar memberikan bantuan logistik kepada personel yang terlibat dalam Operasi Lilin Lodaya 2020.

"Saya mengimbau masyarakat di rumah saja selama libur Natal dan malam pergantiantahun baru, sebab pandemi Covid-19 belum berakhir," ujar Irjen Pol Ahmad Dofiri.

Diberitakan sebelumnya, Polda Jabar dan jajaran memprioritaskan pengamanan di tiga jalur saat libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) berlangsung. Ketiga jalur itu, yakni jalan tol, arteri, dan kawasan wisata.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, tiga jalur itu menjadi prioritas dari segi pengaturan dan pengamanan lalu lintas itu. Sebab saat libur panjang Nataru berlangsung, ketiga jalur tersebut diprediksi akan dipadati oleh kendaraan.

"Jadi (soal protokol kesehatan) sudah diatur oleh pemda (pemerintah daerah) masing-masing. Jadi kami nanti hanya melakukan pengamanan, berkaitan dengan penyekatan yang ada di wilayah masing-masing," kata Dirlantas Polda Jabar di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Untuk mengamankan tiga jalur prioritas itu, ujar Kombes Pol Eddy, Polda Jabar dan jajaran telah menyiapkan pos pelayanan dna pengamanan. Saat ini semua sudah tergelar. "Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam rangka pengamanan Nataru," ujar Kombes Pol Eddy.***