Hendro Subroto, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Karawang, memasuki masa pensiun TMT 1 Januari 2021 mendatang. Menutup masa kerjanya sebagai PNS, Dinas yang di pimpinnya sekitar 6 tahun terakhir itu, dibanggakan karena jadi Dinas Kelautan dan Perikanan terbaik di Jawa Barat, karena berhasil mengembangkan Program Usaha Garam (Pugar). 

"Hari ini dan besok, saya mungkin mengenakan pakaian Dinas terakhir. Kenapa? Sebab, mulai tahun 2021 mendatang, saya sudah pensiun. Di momen ini, saya berbangga dan berpamitan kepada semua nelayan, Pokmaswas dan segenap masyarakat pesisir yang sudah mensukseskan program-program pihaknya, " Katanya disela-sela sambutan pemberian stimulus dan bantuan bagi pelaku dan usaha nelayan di Aula Kantor Desa Sukakerta, Kecamatan Cilamaya Wetan, Selasa (29/12). 


Perlu diketahui sambungnya, Dinasnya di nobatkan sebagai Dinas terbaik Jawa Barat, hal itu karena Karawang adalah daerah yang paling siap dalam pengelolaan program usaha garam (Garam) yang luasnya jor-joran, karena ketersediaan tambak hingga suplay garap progresnya dianggap baik. Sebab, sebut Hendro, produksi garam di Karawang, sempat jarang di tahun 2010 dan kembali memulai di tahun 2013 sampai hasilnya sangat optimal. "Dulu itu gak ada produksi garam yang diprogramkan, tapi sejak 2013 di mulai Alhamdulillah tambak dan produksi Karawang ini, cukup baik, " Katanya.

Hendro Subroto Bersama Bupati Karawang dr Cellica Nurachadiana

Bupati Karawang, dr Cellica Nurachadiana mengapresiasi kinerja dan dedikasi Kadis Kelautan dan Perikanan Karawang. Jelang pensiun, para nelayan dan masyarakat pesisir bisa mendapatkan bantuan dan stimulus yang begitu banyak, baik dari program pusat maupun daerah. Hal ini tentu saja, tidak lepas dari peran Kepala Dinas dan dedikasinya yang sudah menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan nelayan dan masyarakat pesisir. Kedepan, betapapun Pak Hendro ini pensiun, tapi ia meminta peran serta pemikiran dan tenaganya untuk tetap membantu Pemkab, utamanya dalam menjembatani masyarakat pesisir memecahkan persoalan dan kebutuhannya. "Luar biasa, beliau sejak jadi staff Ahli kemudian Kepala Dinas, kinerjanya sangat membantu program kami di pemerintahan daerah, nanti walaupun pensiun, tenaga dan pemikirannya akan tetap kita minta di libatkan untuk kemajuan pesisir Karawang ini, " Ujarnya. (Rd)