Tahun 2021 manusia akan menyaksikan beberapa fenomena astronomi yang menarik dan mencengangkan, dengan harapan masyarakat bisa menyaksikannya bersama.

Gerhana

Menurut situs National Geographic, lusinan fenomena astronomi yang menakjubkan sepanjang tahun 2021, dan sekarang inilah yang paling menonjol di antaranya.

- 26 Mei : Gerhana bulan total

Fenomena alam satu ini juga dikenal sebagai 'bulan darah', dan kali ini bertepatan dengan bulan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi.

Dimana akan terlihat lebih besar dan lebih cerah atau yang dikenal dengan 'super moon'.

Orang-orang di Amerika Utara bagian barat, Amerika Selatan bagian barat, Australia dan Asia Tenggara akan dapat melihat 'bulan darah'.

Gerhana bulan total terjadi sebagai akibat jatuhnya bumi pada garis lurus antara bulan dan matahari, sehingga sinar matahari terhalang dari bulan, tetapi tidak sepenuhnya.

Cahaya melewati lapisan tipis atmosfer bumi, di mana sinar merah dipantulkan di bulan agar tampak merah, dan karenanya disebut 'bulan darah'.

- 10 Juni : Gerhana matahari 'cincin api'

Penduduk Kanada, sebagian Greenland dan Rusia akan dapat melihat fenomena ini, yang juga dikenal sebagai 'gerhana matahari', pada dini hari.

Fenomena ini terjadi setiap satu atau dua tahun dan hanya dapat dilihat dari jalur sempit di seluruh planet.

Gerhana annular terjadi ketika bulan yang melintas di antara bumi dan matahari tidak cukup dekat dengan planet kita untuk sepenuhnya menghalangi sinar matahari, meninggalkan cincin tipis yang terlihat.

Orang-orang di Amerika Utara dan Selatan, Australia, sebagian Eropa dan Asia akan dapat menyaksikan gerhana bulan kedua selama tahun 2021.

Secara teknis, gerhana tersebut sebagian, tetapi hingga 95 persen bulan akan memasuki bayangan bumi.***