Masyarakat Desa Pasirtalaga, Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang yang tergabung dalam Forum Pemuda Desa Pasirtalaga, surati BPD dan Panitia Pilkades Desa Pasirtalaga, Rabu (3/02/2021).

Surat yang di tujukan kepada BPD dan Panitia Sebelas Desa Pasirtalaga tersebut berisikan permohonan dialog secara langsung BPD dan Panitia Sebelas Pilkades dengan Forum Pemuda Desa Pasirtalaga terkait adanya kekurangan anggaran biaya Pilkades 2021 mendatang sebesar Rp 50 juta.

"Tadi kedatangan kita kekantor desa ingin dialog bersama BPD dan Panitia Pilkades Desa Pasirtalaga terkait adanya anggaran Pilkades yang belum mencukupi untuk pelaksanaan Pilkades mendatang sebesar Rp 50 juta, yang ingin menutupi kekurangan tersebut dengan menyewakan Bengkok," ungkap Ketua Forum Pemuda Desa Pasirtalaga, Endang Farid.

Tadinya ungkap Edang Farid, pihaknya inging dialog langsung bersama BPD dan Panitia Sebelas namun BPD menolaknya dengan alasan harus menentukan dahulu jadwal dialog dan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada mereka (BPD dan Panitia Sebelas,red) secara tertulis.

"Tadi kita sudah kasihkan surat permohonannya kepada Sekertaris BPD dan Ketua Pilkades Desa Pasirtalaga. Pada intinya kita menolak adanya penyewaan Bengkok dengan dalih untuk menutupi kekurangan biaya Pilkades sebesar Rp 50 juta. Karena Bengkok itu kepentingan rakyat bukan kepentingan calon," tegasnya.

Pihaknya juga mengaku siap untuk menutupi kekurangan anggaran Pilkades sebesar Rp 50 juta tersebut secara pinjam bahkan hibah, asalkan BPD maupun Panitia Sebelas Pilkades Desa Pasirtalaga tidak menyewakan Bengkok.

"Kita sudah siapkan anggaran Rp 50 juta untuk menutupi kekurangan anggaran Pilkades mau dipinjamkan bahkan dihibahkan juga kita siap, asalkan sawah bengkok tidak disewakan," ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris BPD Desa Pasirtalaga, Ujang mengatakan, pihaknya sangat terbuka jika masyarakat ingin berdialog bersama BPD namun harus tentukan dahulu jadwalnya agar semua pihak siap.

"Kita terima siapapun warga ingin dialog, cuma kita minta permohonan dialog dari mereka secara tertulis, agar kita bisa menjadwalkan waktu yang tepat," ujar Ujang ketika ditemui di Lingkungan Kantor Desa Pasirtalaga.
Surat Warga

Ketua Panitia Sebelas Pilkades Desa Pasirtalaga, Idi Suryadi menuturkan, pihaknya juga selalu terbuka bagi masyarakat Desa Pasirtalaga untuk mengetahui segala proses dan tahapan Pilkades ini.

"Kita siap untuk dialog bersama masyarakat kapan saja, bahkan jika ada kekurangan jangan sungkan-sungkan untuk mengkritik atau menegur kami (Panitia Pilkades,red)," kata Idi Suryadi.(diz)