Sebanyak 40 Desa di Karawang, akan di guyur bantuan Rumah Layak Huni (Rulahi) Program Atap Lantan Dinding (Aladin) Pemprov Jawa Barat tahun anggaran 2021 ini. Jika sebelumnya, Karawang di jatah 700 unit di tahun 2020, program yang digarap LPM/BKM/LKM Desa bersama pendamping fasilitator itu, bertambah jadi 2.330 unit rumah di tahun 2021 ini. 

Kabid Pemukiman PRKP Karawang, H Baihaqi MM mengatakan, saat ini pihaknya gelar sosialisasi penyaluran Bansos Rulahu TA 2021 bersama tim teknis di 27 Kabupaten/kota di Jawa Barat. Senin pagi (8/2), LPM dari 40 desa menyimak sosialisasi tersebut terpisah, ada yang di Kecamatan Tempuran, ada juga di Kecamatan Lemahabang. Secara umum, sebutnya, bantuan Aladin senilai Rp16,5 juta per unit ini, secara kuantitas bertambah sasarannya. Jika ditahun 2020 hanya menyasar 700 unit rumah saja, tapi tahun ini jadi 2.330 unit yang siap digarap. "Ada 40 desa yang tersebar diberbagai Kecamatan, insha Allah tahun ini direalisasikan, " Katanya di sela-sela sosialisasi di Desa Karangtanjung, Senin (8/2).

40 Desa Sasaran Rulahu Aladin 2021 dan Giat Sosialiasinya oleh Tim Teknis

Ia menambahkan, nama-nama desa yang jadi sasaran rulahu Aladin ini, tidak ujug-ujug muncul, tapi murni hasil dari aplikasi si Rampak Sekar yang diajukan ditahun 2020. Kita harapkan, semua LPM bisa menyerap sosialisasi ini dan perjalanan rulahu tetap lancar meskipun di tengah pandemi Covid-19. "Ini kita terus jalankan harapan ibu Bupati untuk merealisasikan ribuan rumah layak huni dari tahun ke tahun, baik yang reguler, aspirasi dan termasuk Aladin ini, " Ungkapnya. 

Kades Karangtanjung Juhari SH mengatakan, tahun ini pihaknya dijatah 60 unit untuk rulahu Aladin ini. Setelah sosialisasi, pihaknya segera melakukan sosialisasi lanjutan kepada 60 warga penerima, bahwa ini bukan program reguler, tapi sebatas rehabilitasi Atap, Lantai, Dinding (Aladin) yang nominalnya Rp16,5 juta. Sehingga kekurangannya, dilakukan secara swadaya. "Ini bukan program reguler, jadi kita akan masif melakukan sosialisasi lanjutan, " Pungkasnya. (Rd)