Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang sudah menjadwalkan kegiatan pelantikan Kades terpilih hasil Pilkades serentak di 177 Desa gelombang II Tahun 2021 Jumat, 23 April mendatang. Para kades baru itu, diwacanakan tetap di hadirkan seluruhnya di Plaza Pemkab untuk di ambil sumpah jabatannya. Namun, selain hanya dianjurkan membawa satu pendamping saja, para jawara pemerintaham desa itu juga di wajibkan melampirkan hasil rapid antigen mandiri. Lantas, bagaimana jika ada kades baru terkonfirmasi suhu tubuh diatas  37,3 °C bahkan dinyatakan positif Covid-19? Apakah tetap di ikut sertakan dalam pengukuhan, ditunda atau di ikuti secara virtual ditempat isolasi? 

Foto Pelantikan Kades Tahun-Tahun Sebelumnya Saat Kondisi Normal

Kasie Tata Kelola Pemerintahan Desa DPMD Karawang, Andry Irawan mengungkapkan, para kades dan pendampingnya satu orang di anjurkan rapid tes antigen mandiri di fasilitas kesehatan yang tersedia, adapun titi mangsa tanggal rapid antigennya paling lama 2 hari sebelum hari pelantikan. "Pada hari pelantikan, surat hasil tes nya tersebut menjadi prasyarat calon kades terpilih dan pendampingnya untuk dapat memasuki lokasi pelantikan
dan hasil tes ya g menyatakan negatif atau non reaktif rapid antigen, ikuti kegiatan pengukuhan di lokasi acara, " Ujarnya.

Andry menambahkan, semua harus ikuti sop yang direkomendasikan satgas covid-19, dimana terhadap yang reaktif atau yang bersuhu tubuh lebih dari 37,3°c nanti, apakah akan disiapkan tempat khusus seperti tahun lalu atau bagaimana, karenanya, awal minggu ini pihaknya rapat koordinasi termasuk dengan pihak keamanan dan Dinkes atau Satgas covid19. Tapi yang pasti, mereka yang bersuhu lebih dari standar atau yang reaktif, tidak memasuki atau menempati tempat bersama dengan calon tepilih lainnya. "alhamdulilah terkait tanggal pelantikan kami sudah menerima perintah dari pimpinan, jadi kami segera akan mengadakan rakor dengan instansi terkait, terutama berkaitan dengan strategi penerapan protokol kesehatan seketat-ketatnya. harapan kami, jika yang diundang kelak adalah kades terpilih dan 1 orang pendamping, maka hadir lah sesuai undangan. jangan membawa simpatisan secara beramai-ramai, ini mohon untuk dapat dimaklumi bersama, sekarang ini kita situasinya berbeda, yaitu sedang menghadapi pandemi, " Tutupnya. (Rd)