Sehari setelah mengikuti rapat bersama Sekda Acep Jamhuri dan Plt Kadis DPMD Akhmad Hidayat, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 177 Kades dapat kepastian Jumat depan (23/4). Selain meneruskan perintah untuk tidak mobilisasi masa karena hanya dianjurkan di dampingi satu pendamping, para camat juga wajib menyampaikan keharusan rapid antigen bagi para calon kades terpilih 2 hari sebelum digelarnya pelantikan. Ada melepas rapid mandiri di layanan puskesmas yang di kehendaki, adapula yang mengarahkan agar rapid tes untuk pencegahan Covid-19 itu di layanan puskesmas.

"Mandiri mereka rapid antigennya, biasanya sih memang di arahkan ke Puskesmas, " Kata Camat Cilamaya Wetan Basuki Rachmat. 
Camat Lemahabang, Cilamaya Wetan, dan Majalaya

Senada dikatakan Plt Camat Lemahabang, Artha. Rencananya, para kades terpilih di 5 Desa akan tes antigen pekan depan di Puskesmas Lemahabang, keterangannya nanti akan dilampirkan sebagai pra syarat mengikuti proses pengambilan sumpah. Selain Kade terpilih, pada pendampingnya juga harus segera di siapkan dan wajib antigen. Kalau ada yang positif, pihaknya menunggu arahan lanjutan dari Pemkab dan Satgas terkait prosesi pelantikan para kades tersebut. "Kita agendakan pekan depan di tes antigen di Puskesmas, semoga saja semuanya negatif, " Harapnya.

Camat Majalaya Agus Kurnia mengatakan, antigen di gelar secara Mandiri bukan di tempat pelantikan, nanti sebut Camat, pada saat hari H pelantikan agar membawa bukti hasil Rapid Antigen nya, paling lama 2 hari sebelum pelantikan harus sudah di Rapid
.Untuk tempat rapid antigen, sifatnya bebas dilayanan kesehatan manapun yang menyediakan dan tidak ada arahan. "Yang pasti mandiri dari masing kades terpilih dan calon pendampingnya ini wajib di rapid, " Ujarnya. (Rd)