Karawang Peringati Hari Lanjut Usia Nasional dan Hari Tanpa Tembakau Sedunia Tahun 2021

Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional dan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) Tahun 2021, Rabu (16/6/2021) pagi di RS. Paru Jatisari. Peringatan ini juga diisi dengan kegiatan suntik vaksinasi covid-19 kepada sebanyak 100 orang lansia.
Dalam sambutannya, Bupati Cellica mengatakan menjadi lansia adalah sunatullah yang harus diterima sebagaimana adanya. Semua orang tentunya mendambakan menjadi lansia yang mandiri, sehat, bermakna, serta dapat menjalani hidup dengan lebih tenang dan bahagia.

“Sebagaimana kodrat kita sebagai makhluk sosial, kita harus bersikap dan berperilaku baik dan santun kepada siapa saja, tak terkecuali terhadap lansia. Mengingat tanpa kita sadari, masih banyak dari masyarakat kita yang kurang memperhatikan para lansia, baik itu dari segi kesehatan, kesempatan untuk bersosialisasi, Kebutuhan akan pendidikan dan kesempatan kerja, Kemudahan penggunaan fasilitas sarana dan prasarana umum, perlindungan sosial dan lain sebagainya,”kata Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa kaum Lansia menjadi perhatian Bersama seperti yang tertera dalam undang-undang nomor 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia, Mengamanatkan pemerintah untuk mengupayakan kesejahteraan para lansia. Untuk itu, sebagai bentuk penghargaan dan kepedulian terhadap lansia, maka dicanangkan hari lanjut usia nasional (HLUN) yang pada tahun ini sudah memasuki usia ke-25 (dua puluh Lima) tahun. Masa pandemi covid-19 seperti sekarang memiliki dampak yang sangat besar terutama bagi Lansia. Hal ini dikarenakan lansia merupakan kelompok paling rentan untuk terkena segala macam penyakit karena fungsi fisiologisnya yang berangsur-angsur berkurang termasuk system imun tubuh.

“Vaksinasi covid-19 bagi lansia sangat penting, Karena selain lansia lebih rentan terhadap virus Corona, adanya penyakit penyerta dan kondisi fisik yang mulai melemah menjadikan lansia lebih sulit Melawan infeksi termasuk covid-19. Itulah yang “Menyebabkan lansia menjadi prioritas untuk menerima Vaksin covid-19,”jelas Bupati.

Selain itu, melalui peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia bisa dijadikan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang efek bahaya dari konsumsi rokok dan paparan asap rokok serta mencegah penggunaan rokok dalam bentuk apapun.

“Jadikan peringatan ini sebagai bentuk komitmen kita bersama untuk menjaga kesehatan dengan meningkatkan kesadaran tentang efek bahaya dari konsumsi rokok dan paparan asap rokok,”tambahnya. ***Ts

0 Komentar

X
X