Tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) Desa harus dirasakan oleh seluruh warga desa, termasuk para jomblo atau penduduk yang belum berkeluarga.

Foto ilustrasi

Staf Khusus Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Stafsus Mendes PDTT) Nasrun Annahar mengatakan seluruh penduduk desa dengan berbagai latar belakang atau status merupakan target SDGs Desa, sesuai slogannya, yakni no one left behind (tidak ada satupun yang terlewatkan).

“Secara spesifik bahwa SDGs Desa membentang ke dalam 18 goals yang semuanya diurusin SDGs Desa, diurusin sama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, termasuk para Jomblo,” ujar Stafsus Mendes PDTT .

Menurut Stafsus Mendes PDTT, para jomblo sebaiknya bisa lebih terlibat aktif dalam proses pembangunan desa, seperti dengan menjadi mitra pembangunan desa.

Dengan aktifnya para jomblo di kegiatan desa, maka kemungkinan untuk mendapatkan jodoh dinilai akan lebih besar ketimbang hanya berdiam dirumah.

“Di dalam SDGs Desa ada tentang kemitraan. Para Jomblo bisa berkontribusi untuk menjadi mitra dalam membangun desa. siapa tahu ketemu jodoh di situ,” imbuh dia.

SDGs Desa yang digagas oleh Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar ini, lanjut dia, dibentuk untuk memudahkan proses komunikasi para pemangku kepentingan pembangunan desa.

Program ini diyakini sangat cocok untuk menjadi pegangan dan kacamata dalam melihat kondisi desa yang sesungguhnya.

“Paradigma SDGs Desa tidak hanya mengedepankan negara sebagai aktor. Tapi masyarakat juga sebagai aktor. Negara dalam hal ini pemerintahan desa. Dalam situasi ini, pemerintahan desa harus merangkul semua masyarakat, termasuk yang jomblo, warga miskin, pendatang mantu (menantu) kah, harus dirangkul,” tutur dia.

Sekedar informasi, SDGs Desa memiliki 18 tujuan dan sasaran, yakni desa tanpa kemiskinan; desa tanpa kelaparan; desa sehat dan sejahtera; pendidikan desa berkualitas; desa berkesetaraan gender; desa layak air bersih dan sanitasi; desa yang berenergi bersih dan terbarukan; pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa; inovasi dan infrastruktur desa.

Selanjutnya desa tanpa kesenjangan; kawasan pemukiman desa berkelanjutan; konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan; pengendalian dan perubahan iklim oleh desa; ekosistem laut desa; ekosistem daratan desa; desa damai dan berkeadilan; kemitraan untuk pembangunan desa; dan kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Stafsus Mendes PDTT menambahkan, 18 tujuan dan sasaran SDGs Desa tersebut akan menciptakan desa surga, desa yang semua warganya mendapatkan keindahan, kenyamanan, dan kesejahteraan.

“Jadi SDGs Desa ini adalah ijtihad (usaha) untuk menuju desa surga,” kata dia.(med)