Kampus SMAN 1 Tempuran di lingkupi tanaman buah yang subur, baik Mangga, Nangka hingga Pepaya. Namun, sampah buah-buahan yang membusuk, acapkali membuat repot pegawai kebersihan, jika di angkut volumenya berat hingga kwintalan, di bakar tidak bisa dan di biarkan busuk membau. 
Dorongan pengelolaan sampah buah-buahan menjadi manfaat dan berkesinambungan dengan orientasi kewirausahaan siswa, muncul inovaso dari Kepala SMAN 1 Tempuran, dimana sampah buah-buahan tersebut bisa lenyap tapi bermanfaat bagi ternak lele dan menyuburkan tanaman sayuran secara berkaitan.
Inovasi Pengembangan Sekolah lewat Kewirausahaan di Kelola SMAN 1 Tempuran melalui Magot, Kolam Lele hingga Hidroponik

Pengembangan inovasi tersebut di namai Inovasi Magot Lele Wadah Terpal Hidroponik (Inova Mewah) yang akan di kembangkan dan bina langsung dibawah kendali guru Pendidikan Kewirausahaan (PKWU).

"Magot (sejenis lalat_red) itu mengurai sampah buah sampai tuntas dan hilang, ini sangat efektif dan ini sudah kita buatkan penangkarannya. Kemudian larvanya diambil untuk pakan lele yang sudah tersedia kolamnya dilahan antara kelas dan pagar SMA di belakang, bahkan telur magot ini konon dihargai Rp8 juta perkilogramnya. Selanjutnya, lele ini juga efektif dalam pengembangan tanaman sayuran dengan metode Hidroponik, maka inovasi ini akan kita kelola dan jadi inspirasi wirausaha siswa di sekolah sebaik mungkin yang kita namai Inova Mewah, " Kata Kepala SMAN 1 Tempuran, H Dede M.Pd, Senin (5/9).

Dede menambahkan, kandang penangkaran magot kita sediakan 1x2 meter, terpal lele ada dua titik dengan 1x3 meter dan 2x4 meter. Semua kita arahkan pengembangannya dalam rangka menjawab program inovasi sekolah dari Pemrov Jawa Barat.
Sehingga, lewat Inova mewah dalam bimbingan guru PWKU ini, kedepan bisa jadi inspirasi siswa berwirausaha, rasa tanggungjawab dan memiliki untuk sama-sama di kembangkan. 

"Kita target perluasan kandang magot dan juga kolam lele sebanyak 30 kolam dilahan sekitar 100 meter, insha Allah sekolah kita optimis bisa selalu jadi rujukan, baik Pengadaan BKK, PMR, Akustik, Olahraga, Green School dan eskul lainnya termasuk pengembangan inovasi sekolah ini, " Pungkasnya. (Rd)