Transformasi Digital Jangkau Pelaku UMKM di Desa

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tak luput dari perhatian pemerintah dan pihak swasta. UMKM pun dinilai telah menjadi tulang punggung perekonomian.

Tak hanya pemerintah, peran pihak swasta juga turut andil memajukan pelaku UMKM. Termasuk di pedesaan, yang masih belum terjangkau akses permodalan.

Entitas perusahaan PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC), Emporia Digital Raya (EDR), pun menjadi salah satu pihak yang mendorong akselerasi digitalisasi sektor UMKM untuk menggerakkan roda perekonomian Tanah Air.

Presiden Direktur Paulinus Koesoemo mengatakan, EDR melalui layanan peer to peer lending (P2P) berbasis teknologi finansial, IKI Mitra, pelaku usaha dan pencari investasi berpotensi dipertemukan melalui pasar digital.

Izin usaha dari OJK

Saat ini, anak usaha EDR, PT IKI Karunia Indonesia IKI Karunia) pun sudah resmi mendapatkan izin usaha Perusahaan Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Paulinus menjelaskan, saat ini IKI Mitra memiliki mitra sekitar 75 ribu-an mulai April 2020. Saat itu, peluncurannya pun sejalan dengan pandemi yang baru masuk ke Indonesia.

"Kita sasar mitra (warung yang ada di desa), biasanya koperasi, warung individu, ada tipe yang punya warung dan fisik pokok, kios, BUMDes, community terbanyak, kita berdayakan mereka," ungkapnya kepada Medcom.id.

Dia menyebut, pihaknya menyasar pelaku usaha di desa yang memiliki semangat untuk mendigitalisasi diri. Saat ini, secara akses para pelaku usaha di desa sudah bisa, sehingga IKI Market langsung meng-utilize akses yang ada.

"Kebanyakan akses mereka sudah bagus. Edukasi digitalisasi ini bukan hanya melalui medsos saja. Kita adakan training juga di malam hari, responsnya malah minta weekend, Sabtu pagi," ujarnya.

Dirinya pun tak menampik, dalam mendigitalisasi para pelaku usaha di desa ini, sempat terkendala Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Paulinus menuturkan, hingga akhir tahun ini pihaknya menargetkan ada pertumbuhan hingga 10 kali lipat. IKI Mitra saat ini telah hadir di lebih dari 200 kota/kabupaten di Indonesia seperti di Tangerang, Jabodetabek, Yogyakarta, Semarang, Kendal, Karanganyar, Lebak, Serang, Kupang, Gorontalo, Malang, dan beberapa kota lainnya.(medcom)

0 Komentar

X
X