Usai Disentil Erick Thohir, SPBU Pertamina Ramai-ramai Pasang Pengumuman Toilet Gratis

SPBU Pertamina mendadak memasang pengumuman Toilet Gratis usai disentil Menteri BUMN, Erick Thohir, melalui unggahan di akun Instagramnya yang sudah menjadi viral, dalam dua hari terakhir ini.

Berdasarkan pantuan MNC Portal Indonesia, Selasa (23/11/2021), sejumlah SPBU di kawasan Jakarta Pusat telah memasang pengumuman Toilet Gratis di fasilitas toilet dan tak lagi ditunggui oleh penjaga.

Beberapa SPBU yang dipantau MNC Portal Indonesia, antara lain di kawasan Cikini, Gondangdia, dan Kwitang. Selain memasang tulisan Toilet Gratis, penjaga yang biasanya berjaga-jaga di dekat pintu toilet pun tak terlihat.

Dari pantauan MNC Portal Indonesia, pengumuman Toilet Gratis terlihat masih baru dan belum lama ditempel. Hal itu, terlihat dari tulisan Toilet Gratis yang di print di kertas HVS warna putih dan ditempelkan dengan menggunakan selotip. Kertasnya masih terlihat baru dan bersih, warna tinta tulisan Toilet Gratis pun belum pudar.

Di SPBU lainnya, meski tidak lagi ada penjaga di dekat pintu toilet, kotak khusus yang disediakan bagi pengguna yang ingin membayar dengan suka rela masih tersedia.

Salah seorang Pengelola SPBU yang tak mau disebutkan namanya, mengaku bahwa tolet di SPBU tersebut memang sudah gratis sejak lama.

“Kalau di sini engak ada mas bayar toilet. Kami dari dulu memang gratis. Mungkin di beberapa tempat lain atau di daerah, karena kan ini juga fasilitas umum, jadi kalau yang mau bayar silahkan lewat kotak ini. Kalau enggak juga ya enggak apa-apa,” kata salah satu pengelola SPBU yang enggan disebut namany kepada MNC Portal Indenesia, Selasa (23/11/2021).

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyentil jajaran direksi Pertamina terkait layanan fasilitas toilet di SPBU yang berbayar. Sebagai salah satu BUMN, Erick Thohir beranggapan SPBU Pertamina seharusnya bisa menggratiskannya.

“Kenapa enggak gratis? Kan ini fasilitas umum?” tanya Erick Thohir kepada sang penjaga toilet, dikutip dari Instagram resminya.(***)

0 Komentar

X
X