Sejumlah SD di Karawang baik negeri maupun swasta, harus siap-siap digarap kembali akreditasi tahun 2022 ini. Soal kuota dan jadwal pelaksanaan, masih tentatif. Namun, sejumlah Koorwilcambidik dan pengawas pembina, mulai mensosialisasikan agar sejumlah SD mempersiapkan diri dari sekarang.
Sejumlah Kepsek di Lemahabang saat Kegiatan Sertijab Paska Rotasi



"di Kecamatan Lemahabang ada 7 SD yang diperkirakan bakal di akreditasi tahun ini, termasuk diantaranya SD swasta yang sama sekali belum tersentuh akreditasi. Oleh karena standar akreditasi dan instrumennya konon ada yang berbeda di garapan tahun ini, diharapkan semua Kepala SD sering-sering Update dan sharing bersama pengawas pembina agar hasilnya bisa baik dan semua instrumen berikut indikatornya terpenuhi, " Kata Pengawas Koorwilcambidik Lemahabang, Hj Sopiah S.pd, Jumat (21/1).

Sementara itu, Koorwilcambidik Karawang Timur Nacep Jamaludin mengatakan, sekolah-sekolah yang di absen olehnya belum tentu jadi sasaran akreditasi, kecuali hanya klarifikasi saja. Sebab, ada yang memang habis masa akreditasinya, ada juga yang belum sama sekali di akreditasi. Sehingga, sosialisasi ini penting di sampaikan baik yang akan akreditasi maupun re akreditasi, soal standar dan komponen dari asesor maupun jadwal dan kuota, itu nanti jadi kewenangan Badan Akreditasi Nasional (BAN), katema ia yakin mereka juga punya prioritas, utamanya bagi sekolah yang belum sama sekali di akreditasi.

"Ada Koordinator Pelaksana Akreditasi (KPA), kita sudah komunikasi dan respon baik, jadi yang belum akrditasi harus masuk di tahun 2022, " Ungkapnya. 


Kemudian untuk yang memastikan bahwa sekolahnya akan di agarp akreditasi tahun ini, ia harapkan agar pihak sekolah dan stakeholdermya siapkan beragam instrumennya, yang saat ini katanya berbeda dari sebelumnya. Pelajari IASP tahun 2020 lebih dari 200 halaman, pelajarilah dan bentuk Tim kecil untuk menyusun semua syarat yang di harus di penuhi. 

"Walaupun saya mantan pengawas dan pernah jadi asesor, tapi akreditasi tahun sekarang katanya memang ada perbedaan. Tapi saya pikir, mayoritas dominan masih sedikit sama dengan yang sebelumnya, " Ungkapnya. (Rd)