×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tingkatkan Kompetensi Kepsek, K3S Karawang Timur Rapat Kerja

19 Jan 2022 | Rabu, Januari 19, 2022 WIB Last Updated 2022-01-19T11:38:41Z
Puluhan Kepala SD se Kecamatan Karawang Timur yang tergabung dalam komunitas Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3s), gelar Rapat Kerja (Raker) membahas format dan perencanaan peningkatan kompetensi dan program tahunan di Aula Kantor Koorwilcambidik, Kamis siang (19/01). Di dampingi Pengawas dan Koorwilcambidik setempat, Raker dengan tema "Menata Kompetensi Diri, Melangkah Menuju Kepala Sekolah Profesional" itu, bahas rumah tangga K3S dan kebutuhannya dalam upaya peningkatan kompetensi dan profesionalitas para leader di setiap SD tersebut.

Kegiatan Rapat Kerja Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3s) Karawang Timur, Rabu (19/01).

Ketua K3S Karawang Timur, Hj Yeni Mulyani mengatakan, dasar diselenggarakannya rapat kerja ini adalah untuk menyelami lebih jauh profesionalisme para Kepala SD dan Kompetensinya sesuai kebutuhan tahunan. Apalagi, beberapa diantara SD ini memiliki Kepala SD yang baru promosi dan rotasi, sehingga harus optimalkan shering program, pengalaman dan rencana kerja tahunan.
Dimana seorang Kepsek, sebut Yeni, harus mampu mengelola sekolahnya, baik managerial, Supervisor maupun kewirausahaannya. Bagaimana mereka menyusun kurikulum, pengelolaan sarana pra sarana, pembiayaan dan keuangan sekolah, administrasi kelas, pengembangan pengetahuan dan atitudenya yang harus satu pemahaman dan terintegrasi dengan program-program pendidikan yang harus semakin baik melaui bahasan di Rapat Kerja Tahunan (RKT) ini 

"Jadi outputnya, bagaimana kita mengemas agenda raker ini menghasilkan output bahwa seorang kepsek bisa di kangenin guru, siswa dan orangtua dengan segudang hal yang positif, " Katanya.

Pengawas Koorwilcambidik Karawang Timur,  Eje Arifin S.pd MA mengatakan, program kerja Kepsek, harus bermuara pada tujuan untuk peningkatan Kompetensinya,  sebagaiman Permendikbud Nomor 13 tahun 2007, dimana seorang Kepala Sekolah ada 5 standar yang harus di milikinya. Eje merinci, seperti Kepribadiannya yang positif, Managerialnya yang matang, Kewirausahaan yang diformulasikan dengan baik, Supervisi yang mampu melihat kelemahan dan kelebihan di sekolah yang di pimpinnya, dan terakhir kompetensi sosial yang mampu berinteraksi, baik dengan orang tua, masyarakat dan antar intansi.

"Semua indikator ini, kami berharap, bisa tertuang dalam proker Kepsek di K3S Karawang Timur ini. Mari laksanakan Raker ini dengan memenuhi standar Planning, Organizing, Action dan Controling (Poac).Sebab program kerja adalah rel nya organisasi, dimana semuanya butuh tahapan agar mengarah pada perubahan yang lebih baik, " Kata Mantan Ketua K3S Karawang Timur ini.

Koorwilcambidik Karawang Timur, H Nacep Jamaludin mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan Rapat Kerja (Raker) dan kekompakan yang di lakukan K3S Karawang Timur. Bagaimana pertemuan ini kiranya bisa di manfaatkan untuk berdiskusi, merancang kegiatan tahunan dan membahas program apa saja yang akan di laksanakan. Tujuannya sambung Nacep, harus jelas dan butuh usaha lewat kompetensi, karena goalnya adalah mewujudkan kualitas para siswa peserta didik. 

"Ayo munculkan program prioritas dalam setahun, dan di setiap pertengahan tahun kita lakukan evaluasi bersama. K3S hanya organisasi, isinya semua Kepsek dan satu level, maka jangan sungkan untuk berdiskusi, berbagi dan shering program bersama, " Ajaknya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS