Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) Rengasdengklok mengajak masyarakat khususnya warga Karawang untuk melakukan upaya antisipasi terjadinya kebakaran dimulai dari lingkungan tempat tinggal.

Komandan Regu (Danru) Pos Damkar Rengasdengklok, Saprudin mengatakan, angin di musim saat ini kerap begitu kencang sehingga menjadi rawan kebakaran karena api cepat meluas di saat udara kering.

"Rata-rata kebakaran terjadi akibat korsleting listrik atau arus pendek, dan sisanya dari kelalaian. Jadi kepada warga khususnya di wilayah Karawang untuk tetap waspada dan dapat mencegah terjadinya kebakaran," ujarnya ketika ditemui di Pos Damkar Rengasdengklok, Jumat (4/3/2022).

Dengan demikian, lanjut dia, pihaknya mengajak masyarakat untuk meningkatkan kehati-hatian agar tidak terjadi kebakaran dengan cara memastikan penggunaan listrik yang aman, dan tidak meninggalkan masakan saat sedang memasak apalagi meninggalkan rumah saat sedang memasak.

"Pertama diharapkan jika terjadi kebakaran jangan panik, jika memang api membesar dan tidak dapat dipadamkan bisa menghubungi kami di nomor 0267-400113," jelasnya.


Saprudin menambahkan, Pos Damkar Rengasdengklok memegang wilayah di 9 kecamatan yang diantaranya yakni, Rengasdengklok, Kutawaluya, Pedes, Cilebar, Jayakarta, Cibuaya, Tirtajaya, Batujaya, dan Pakisjaya.

Selain memadamkan api, pihaknya yang juga melakukan penyelamatan yang kerap terjadi untuk membantu warga. Mulai dari melepaskan cincin yang sulit dilepas, menyelematkan hewan peliharaan hingga mengevakuasi sarang tawon dan ular yang berada di lingkungan tempat tinggal. (diks).